Epic99.com – Tips agar smartphone tidak mudah disadap. Akan sangat menjengkelkan jika kita mengetahui bahwa HP yang di gunakan ternyata di sadap oleh pihak lain. Dengan begitu semua kegiatan yang di lakukan melalui perangkat tersebut bisa di ketahui oleh pihak yang melakukan penyadapan.

Terlebih sering kali di dalam smartphone terdapat berbagai data pribadi yang cukup penting berupa foto, video, dan berbagai file lainnya. Untuk itu pastikan kamu bisa mencegah terjadinya penyadapan yang mungkin akan di lakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

agar smartphone tidak mudah disadap

Selain itu sebenarnya ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari perangkat yang di sadap. Di mana kamu juga bisa menggunakan antivirus terbaik. Namun pada artikel di bawah ini akan di jelaskan mengenai tips agar terhindar dari penyadapan ponsel oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan mengikuti beberapa tahapan tips di bawah ini, nantinya di harapkan agar perangkat yang kamu gunakan tidak mudah mengalami penyadapan.


Tips agar smartphone tidak mudah disadap

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktekkan agar ponsel yang kamu gunakan tidak mudah di sadap. Pastikan kamu mengikuti beberapa tips di bawah ini dengan baik.

1. Kunci Perangkat

1. Kunci Perangkat

Sebaiknya kamu melakukan penguncian pada smartphone dengan password yang kuat. Di mana password yang kuat tidak mudah di akses atau di bobol oleh pihak lain. Selain itu kamu juga bisa menggunakan beberapa penguncian yang tersedia seperti sandi, pola, sidik jari, bahkan hingga face unlock.

2. Kurangi penggunaan jaringan

Sebenarnya cara yang satu ini terbilang cukup sulit. Di karenakan kebanyakan penggunaan perangkat membutuhkan jaringan internet agar bisa mengakses berbagai aplikasi yang di miliki. Namun dengan mengurangi penggunaan jaringan bisa meminimalisir smartphone kamu mengalami penyadapan. Sebaiknya untuk menonaktifkan jaringan jika sekiranya memang tidak di perlukan.

Baca Juga:  Cara Bermain Capsa Susun Bagi Pemula

3. Periksa aplikasi secara rutin

3. Periksa aplikasi secara rutin

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyadapan pada smartphone adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap aplikasi secara rutin. Pastikan kamu hanya memiliki aplikasi yang aman, sehingga jika kamu menemukan aplikasi yang tidak di kenal dan terkesan mencurigakan maka kamu akan bisa melakukan uninstall.

4. Hindari klik tautan sembarangan

Pastikan kamu tidak mudah mengklik tautan sembarangan. Hal tersebut di karenakan biasanya malware akan menyamar dengan tautan yang terkesan tidak jelas. Untuk itu sebaiknya hindari mengklik tautan asing yang tidak di kenal.

5. Selalu update aplikasi

agar smartphone tidak mudah disadap Selalu update aplikasi

Tips lainnya yang bisa kamu praktekkan untuk menghindari penyadapan smartphone oleh pihak yang tidak bertanggung jawab adalah dengan rutin melakukan update pada aplikasi yang kamu miliki.

6. Sebaiknya menggunakan otentikasi dua faktor

Untuk keamanan yang berlebih, kamu bisa menggunakan otentikasi dua faktor. Di mana hal tersebut merupakan lapisan keamanan tambahan untuk aplikasi pada smartphone. Sehingga fitur ini memungkinkan penggunaan aplikasi hanya bisa di lakukan oleh satu orang yakni pemilik smartphone saja.

7. Gunakan antivirus terbaik

agar smartphone tidak mudah disadap Gunakan antivirus terbaik

Seperti yang sudah di katakan sebelumnya, untuk menghindari penyedapan perangkat oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka kamu bisa menggunakan antivirus terbaik. Selain itu kamu bisa mendapatkan antivirus dengan mudah melalui PlayStore dan juga AppStore. Pastikan juga kamu tidak menggunakan antivirus yang asal – asalah atau bahkan palsu.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk menghindari smartphone di sadap oleh pihak lain. Dengan begitu keamanan smartphone juga akan semakin terjamin jika melakukan beberapa tips di atas dengan baik.***

Baca Juga:  5 Cara Mudah Melihat Instagram yang di Private