7 Kriteria Penyedia Layanan Jasa Cloud Computing Yang Baik

Epic99.com – Kriteria penyedia layanan jasa cloud computing. Seiring perkembangan teknologi, Cloud Computing semakin banyak di gunakan. Oleh karenannya semakin banyak pula perusahaan penyedia cloud computing atau cloud service provider yang berlomba – lomba untuk memberikan yang tebraik kepada penggunanya.

Semakin banyak penyedia layanan cloud, tentunya semakin membuat bingung penggunanya untuk memilih yang terbaik. Jika kamu mengalami kebingungan, berikut ini beberapa kriteria yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih cloud service provider terbaik.

1. Keamanan data

kriteria penyedia jasa cloud keamanan data

Menjadi salah satu hal terpenting yang harus kamu ketahui sebelum memilih cloud services provider. Oleh karenanya penyedia jasa harus memiliki standar keamanan yang terus di update dan selalu di monitor secara berkala. Selain itu, keamanan data yang harus di perhatikan adalah filewalls, antivirus, multifactor, enskripsi data, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu juga bisa menanyakan kepada penyedia layanan, siapa saja dalam perusahaan tersebut ang memiliki akses ke datacenter dan apakah mereka melakukan pengecekan latar belakang karyawan untuk menghindari pencurian data.

2. Harga

Dalam memilih suatu produk apapun, harga tentunya menjadi hal utama yang juga harus di pertimbangkan. Terutama jika kamu ingin mencari cloud services provider, pastikan kamu mengerti harga yang di tawarkan sesuai dengan apa yang akan kamu dapatkan.

Cari tahu juga apakah kamu akan membutuhkan layanan dalam hitungan bulanan atau bahkan hanya dalam hitungan jam. Selain itu, cari tahu juga apakah terdapat minimum pemakaian yang akan di kenakan dalam penggunaan jasa.

3. Biaya dari konektivitas jaringan: outbound and inbound data transfer

3. Biaya dari konektivitas jaringan: outbound and inbound data transfer

Biasanya kamu akan di kenakan biaya network pada saat melakukan transfer data bahkan tanpa di sadari. Oleh karenanya kamu harus memahami bagaimana cloud services provider membebankan biaya tersebut kepada pengguna.

Baca Juga:  7 Cara Merawat Mobil Listrik : Ini Yang Harus Diperhatikan !

Biasanya beberapa penyedia jasa membebankan biaya data transfer inbound dan juga outbound. Namun ada juga yang hanya membebankan biaya outbound saja. Bahkan ada juga penyedia jasa yang tidak membebankana biaya data transfer data sama sekali.

4. Performance

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan dalam penggunaan cloud service provider adalah performance. Biasanya akses yang cepat ke aplikasi di cloud pengguna menjadi tantangan besar bagi para penyedia jasa. Hal tersebut biasanya akan sangat bergantung pada beberapa faktor.

Kamu bisa tanyakan bagaimana perform server baik di dalam cloud datacenter maupun keluar masuk data center. Selain itu kamu pastikan kamu juga mencari tahu mengenai kecepatan I/O antara layer komputasi server dengan storage yang di gunakan.

5. Infrastruktur Datacenter

datacenter

Tanyakan kepada penyedia jasa cloud apakah mereka memiliki infrastruktur datacenter sendiri. hal tersebut tentunya akan berpengaruh karena kepemilikan datacenter akan memudahkan serta memberikan fleksibilitas penyedia jasa terhadap penggunanya.

6. Service Level Agreement

Beberapa penyedia jasa umumnya menawarkan tingkat SLA yang tinggi kepada pengguna. Namun SLA sendiri biasanya di hitung hanya saat service mengalami kegagalan. Sehingga tidak semua total ketersediaan layanan saat bulan berjalan.

Kamu bisa meminta penjelasan bagaimana rencana penyedia jasa dalam memenuhi SLA kepada penggunanya. Selain itu, pastikan juga apakah mereka memiliki penalty saat SLA tidak terpenuhi.

7. Standard dan Sertifikasi

Saat ingin menggunakan penyedia jasa cloud computing, pastikan kamu mengetahui standard dan sertifikasi apa yang dimiliki oleh cloud services provider tersebut. Sebagai informasi sertifikasi cloud services provider ISO 27001 adalah untuk information security, ISO 9000 untuk quality management, dan ISO 20000 untuk IT services management.

Baca Juga:  Cara Mudah Download dan Ubah Tema Wallpaper Gratis

Nah itulah beberapa kriteria yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan jasa penyedia layanan cloud computing. Oleh karenanya kamu harus memperhatikan beberapa point diatas dengan baik.***