7 Aplikasi Translate Aksara Jawa Terbaik dan Terlengkap

Epic99.com – Aplikasi Translate Aksara jawa. Indonesia memiliki keberagaman budaya yang berbeda-beda. Seperti saat kamu berkunjung ke Solo atau Jogja, kemungkinan kamu akan menemukan papan jalan yang di lengkapi dengan huruf aksara. Namun tidak semua masayarakat mengerti arti dan makna aksara tersebut.

Kamu bisa mempelajari aksara Jawa dengan mudah di era teknologi saat ini. Ada banyak aplikasi yang bisa di download melalui android.

Pada artikel kali ini akan di berikan beberapa rekomendasi aplikasi belajar aksara Jawa terbaik yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu belajar aksara Jawa bisa di lakukan kapanpun dan di manapun. Berikut ulasannya !

1. Aksara Jawa : Contekan Aksara Jawa

1. Aksara Jawa : Contekan Aksara Jawa

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Jawa lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Aksara Jawa : Contekan Aksara Jawa. Di mana kamu akan menemukan berbagai contoh aksara jawa di dalamnya yang bisa di pelajari.

Selain itu aksara Jawa pada aplikasi ini juga terbagi menjadi beberapa kategori seperti salah satunya adalah Hanacarakan.

Download Aksara Jawa : Contekan Aksara Jawa

2. Hana.rip

2. Hana.rip

Aplikasi yang satu ini memungkinkan kamu untuk bisa merubah teks latin menjadi aksara Jawa dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan copy paste untuk kalimat yang panjang.

Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah hasil translatenya yang bisa muncul dalam bentuk gambar. Di kembangkan oleh Dansvel, aplikasi ini menggunakan berbagai pedoman seperti salah satunya adalah Panduan Penulisan Aksara Jawa yang di terbitkan oleh Yayasan Pustaka Nusatawa pada tahun 2002.

Download Hana.rip

3. Marbel Hanacaraka

3. Marbel Hanacaraka

Rekomendasi aplikasi belajar aksara Jawa lainnya yang bisa kamu download dan instal adalah Marbel Hanacaraka. Aplikasi ini mengusung tema yang santai dan mudah di gunakan. Di kembangkan oleh Educa Studio, aplikasi ini bahkan di lengkapi dengan narator yang menyambut pengguna saat pertama kali membukanya.

Baca Juga:  6 Aplikasi Dasar Yang Wajib Dimiliki Oleh YouTuber Pemula

Marbel Hanacarka juga di iringi dengan musik untuk menemani kamu belajar. Terlebih lagi ada 2 fitur yang bisa kamu pilih yakni belajar dan bermain. Aplikasi ini tidak hanya menyenangkan untuk pengguna dewasa saja, Marbel Hanacaraka terbilang menjadi aplikasi yang ramah anak.

Download Marbel Hanacaraka

4. Nulis Aksara

Aplikasi Translate Aksara jawa Nulis Aksara

Kamu bisa mendownload dan instal aplikasi Nulis Aksara untuk belajar Aksara Jawa. Saat awal membuka aplikasi ini nantinya kamu akan di minta untuk menuliskan suatu kalimat. Dengan begitu kamu akan mendapatkan padanan dari kalimat yang di tulis tersebut dalam aksara.

Menariknya lagi, aplikasi ini tidak hanya menyediakan aksara Jawa saja melainkan terdapat berbagai aksara lainnya seperti Sunda, Bali, hingga Lampung.

Download Nulis Aksara

5. Nulis Aksara Jawa

Aplikasi Translate Aksara jawa Nulis Aksara Jawa

Merupakan salah satu aplikasi aksara Jawa yang bisa kamu gunakan. Di mana aplikasi ini memungkinkan kamu untuk berlatih dengan seksama step by step. Sesuai dengan namanya, aplikasi memungkinkan kamu untuk mengetikkan kata atau kalimat dari huruf latin.

Hanya saja aplikasi yang di rilis oleh UZAN ini masih belum menyediakan fitur pengecekan kata apakah benar atau salah.

Download Nulis Aksara Jawa

6. Nulis Jawa

Aplikasi Translate Aksara jawa Nulis Jawa

Kamu bisa mendownload dan instal aplikasi Nulis Jawa melalui android. Merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk bisa menulis aksara jawa dan mengubah huruf latin menjadi Hanacaraka. Selain itu aplikasi Nulis Jawa juga sangat mudah untuk digunakan.

Di kembangkan oleh Diono Software, aplikasi ini terbilang cukup bisa di percaya untuk mempelajari aksara Jawa dengan mudah dan cepat.

Download Nulis Jawa

7. Sinau Bahasa Jawa

Aplikasi Translate Aksara jawa Sinau Bahasa Jawa

Merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Jawa yang direkomendasikan untuk kamu belajar aksara. Di dalamnya terdapat 12 materi dan 2 di antaranya sudah terbuka aksesnya. Selain itu Sinau Bahasa Jawa juga di lengkapi dengan permainan tebak-tebakan yang cocok saat kamu lelah belajar.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Website Untuk Membuat Tanda Tangan Digital

Nantinya dalam aplikasi ini, kamu akan diminta untuk menerjemahkan kalimat dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa. Bahkan kamu juga diharuskan untuk menyusun kata yang berantakan.

Setidaknya dalam aplikasi ini terdapat 20 tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari mulai dari rumah, sekolah, olahraga, hingga tumbuhan.

Download Sinau Bahasa Jawa

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi translate aksara Jawa yang bisa kamu gunakan. Dengan bantuan aplikasi, proses belajar akan semakin mudah untuk dilakukan.

Baca Juga :

***