Syarat, Cara Daftar dan Mengecek Kartu Prakerja Terbaru

Epic99.com – Cara mengecek Kartu Prakerja. Pemerintah memberikan fasilitas kepada semua masyarakat Indonesia untuk mengikuti seleksi pelatihan dalam program Kartu Prakerja. Hingga kini, pemerintah sudah membuka program Prakerja gelombang 49 untuk 10 ribu peserta.

Adapun nantinya peserta yang lolos dapat mengikuti pelatihan baik secara online maupun offline. Hal ini bahkan sudah di atur dalam Peraturan Presiden Nomor 113 tahun 2022.

Tidak main-main, bahkan pemerintah juga mengajak lembaga pelatihan yang berkualitas untuk bisa mengikuti seleksi penyedia pelatihan program Kartu Prakerja. Setiap lembaga pelatihan, jika ingin mendaftar sebagai penyedia program Kartu Prakerja dapat menghubungi platform digital yang bekerja sama untuk bisa mengikuti seleksi.

Mulai tahun 2023, pemerintah menyesuaikan besaran bantuan yang di terima oleh peserta yakni Rp 4,2 juta perorang. Di mana rincian dari besaran tersebut yakni berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta. Kemudian insentif untuk peserta pasca pelatihan adalah Rp 600 ribu dan di berikan hanya satu kali dan insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk 2 kali pengisian survei.

Hal ini berbeda dengan skema bantuan pada tahun 2022, di mana peserta akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3,55 juta dengan rincian biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta. Kemudian peserta akan di berikan insentif sebesar Rp 2,4 juta yang di bayarkan Rp 600 ribu selama 4 kali. Selain itu peserta juga mendapatkan insentif survei sebesar Rp 150 ribu untuk 3 kali pengisian survei.

Syarat daftar Kartu Prakerja

Nah sebelum mendaftar, pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui apa saja persyaratan yang di perlukan. Berikut beberapa di antaranya :

  1. WNI yang di buktikan dengan dokumen identitas eKTP
  2. Minimal usia 18 tahun
  3. Tidak dalam masa belajar formal seperti sekolah atau kuliah
  4. Calon peserta sedang dalam proses melamar kerja, sedang terdampak PHK, sedang ingin meningkatkan keahlian, buruh yang di rumahkan, dan UMKM
  5. Bukan dari kelompok pejabat negara seperti PNS, Kepolisian, TNI, Perangkat Desa, atau BUMN
  6. Dalam 1 KK hanya di batasi maksimal 2 orang saja yang berhak mendapatkan Kartu Prakerja

Cara mendaftar Kartu Prakerja

Nah setelah semua persyaratannya di pahami dan di penuhi, selanjutnya kamu bisa langsung mendaftar Kartu Prakerja. Selain itu prosesnya sendiri cenderung mudah dan bisa di lakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Simak beberapa langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah masuk pada situs resmi Prakerja.
  • Selanjutnya daftarkan diri menggunakan alamat email, NIK, No KK, foto KTP, dan nomor HP yang aktif.
  • Kemudian lakukan verifikasi melalui email yang sudah dikirimkan dari Prakerja.
  • Jika sudah melakukan verifikasi, maka selanjutnya kamu bisa login menggunakan email.
  • Langkah berikutnya adalah mengikuti tes kemampuan dasar.
  • Kemudian tunggulah hingga ada pembukaan gelombang.
  • Jika sudah ada pembukaan gelombang, maka kamu bisa langsung klik Gabung Gelombang.
  • Tunggu beberapa waktu hingga penyelenggara melaksanakan proses evaluasi dan pengumuman kelulusan.

Kunjungi situs resmi Prakerja

Cara Mengecek Kartu Prakerja yang sudah terdaftar

Setelah proses pendaftaran Kartu Prakerja selesai di lakukan, maka kamu bisa Cek Kartu Prakerja yang sudah terdaftar. Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Masuklah pada situs resmi Kartu Prakerja.
  • Selanjutnya lakukan login menggunakan email dan password.
  • Cek menu Gelombang pada dashboard Kartu Prakerja.
  • Nantinya pada menu Gelombang kamu akan menemukan informasi Gelombang, Provinsi, dan Pendaftaran Dibuka.
  • Terakhir perhatikan pada bagian status yang muncul di bawah informasi Gelombang.
  • Jika tertulis status “Menunggu Gelombang Ditutup”, “Sedang Diproses”, atau “Dalam Proses Seleksi” maka artinya kamu sudah terdaftar dalam situs Kartu Prakerja.

Untuk mengetahui jadwal pengumuman seleksi Kartu Prakerja, maka kamu bisa cek di media sosial resmi Instagram Kartu Prakerja. Semoga informasi ini dapat membantu kamu terutama saat ingin mendaftar dan berharap mendapatkan program Kartu Prakerja.

Baca Juga :

***