4 Cara Menguatkan Sinyal Wifi di Laptop

Cara Menguatkan Sinyal Wifi di Laptop – Saat ini, WiFi (wireless fidelity) telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian masyarakat, mulai dari menyelesaikan pekerjaan tertentu bagi karyawan hingga mengajar siswa online. Seperti namanya, WiFi adalah jaringan nirkabel yang digunakan perangkat komputer untuk terhubung ke internet secara langsung tanpa menggunakan kabel atau jaringan nirkabel.

Jadi, ketika komputer atau laptop terhubung ke jaringan melalui WiFi, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk berselancar di internet. Namun, karena jaringan lambat, sinyal WiFi kadang-kadang lemah, mengganggu aktivitas. Namun, ada cara ampuh untuk memperbaikinya. Berikut adalah penjelasan tentang cara memperkuat sinyal WiFi di laptop Anda.

Cara Menguatkan Sinyal WiFi di Laptop

1. Pilih Lokasi yang Memiliki Sinyal Kuat

Pastikan bahwa Anda berada di lokasi dengan sinyal kuat agar aktivitas berinternet Anda tidak terhambat. Misalnya, untuk mendapatkan sinyal internet yang kuat, pilih lokasi yang dekat dengan router. Jika Anda ingin memasang router, pastikan lokasi yang Anda pilih tidak terhalang oleh tembok atau besi.

Anda dapat menggunakan repeater atau WiFi extender yang berguna untuk menangkap sinyal dan mengirimkannya kembali ke area yang jauh dari router untuk menjangkau wilayah tertentu.

Dengan demikian, sinyal WiFi akan stabil dan kuat. Namun, penting untuk mengingat bahwa router atau repeater tidak boleh berada di dekat alat yang menggunakan Bluetooth atau microwave karena peralatan tersebut dapat mengganggu sinyal WiFi.

2. Ubah QoS

Jika laptop Anda memiliki sistem operasi Windows 8 atau lebih, Anda dapat memperkuat sinyal WiFi dengan mengubah pengaturan QoS. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketik “gpedit.msc”, tanpa tanda kutip, setelah Anda klik Start dan pilih Run.
  • Pilih Kebijakan Perangkat Kerja Lokal, lalu pilih Konfigurasi Perangkat Kerja, dan kemudian pilih Template Manajemen.
  • Selanjutnya, klik Network dan pilih Scheduler Packet QoS.
  • Klik dua kali pada menu Bandwidth Limit Reservable. Pilih Enable, lalu ketik 0 di bagian “bandwidth limit”. Terakhir, restart komputer.

3. Flushing DNS

Cara untuk memperkuat sinyal WiFi di laptop adalah dengan melakukan flushing DNS (domain name server). Ini melakukan flushing untuk mereset cache DNS laptop yang digunakan agar dapat mengubah data ketika DNS yang baru diubah. Cara ini digunakan untuk mengurangi kecepatan dan stabilitas koneksi internet. Cara berikut untuk melakukan flushing DNS:

  • Setelah membuka Prompt Komando, klik kanan dan pilih Run As Administrator.
  • Ketik ipconfig/flushdns dan tekan Enter sampai selesai.
  • Ketik ipconfig/renew dan tekan Enter.
  • Klik close pada Prompt Komando dan coba ulangi akses internet.

4. Mengatur IRPStackSize agar Lebih Tinggi

Cara berikutnya untuk meningkatkan sinyal WiFi adalah dengan meningkatkan IRPStackSize. Ini akan memungkinkan Anda mempercepat koneksi WiFi agar lebih kuat dan stabil.

Biasanya, skor IRPStackSize hanya diatur 15 tetapi sebenarnya bisa sampai 50. Dengan demikian, semakin tinggi skor IRPStackSize, semakin baik koneksi internet Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan skor IRPStackSize:

  • Klik Start, pilih RUN, dan cari “regedit.”
  • Ketik “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters”.
  • Dalam folder tersebut, klik kanan file DWORD bernama IRPStackSize, pilih Modify, dan ubah skor menjadi 50. Jika file tidak ditemukan, buat file baru dengan nama DWORD dengan klik kanan, pilih NEW, kemudian pilih DWORD Value, dan ubah skor Value menjadi 50.
  • Klik OK dan tutup Editor Registry.
  • Coba lagi.

Baca Juga :

***