Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal iPhone Hilang Mendadak

Sinyal iPhone Hilang – Siapa yang tidak mengenal perangkat keluaran Apple. Di mana Apple sendiri mengeluarkan perangkat yang cukup lengkap dan di penuhi dengan beragam fitur canggih dan menarik. Sebut saja salah satu perangkat yang paling populer adalah iPhone. Meskipun di jual dengan harga relatif mahal, namun faktanya iPhone tidak ketinggalan peminat.

Membahas tentang iPhone, ada salah satu permasalahan yang seringkali terjadi dan di alami oleh pengguna. Apa lagi kalau bukan karena sinyal yang mendadak hilang. Masalah ini tentu saja sangat merugikan pengguna terlebih jika sinyal mendadak hilang tanpa alasan. Oleh karena itu sebagai pengguna iPhone, kamu perlu tahu apa sebenarnya penyebab dari iPhone yang hilang sinyal sekaligus cara mengatasinya.

Sebagai informasi tambahan, iPhone yang mendadak hilang sinyal bisa saja di akibatkan oleh cleansing IMEI atau pembersihan IMEI oleh mesin Central Equipment Identity Register (CEIR).

Di mana Cleansing IMEI sendiri tidak lain adalah upaya pembersihan yang di lakukan oleh Kemenperin untuk mengosongkan ruang pada CEIR. Sehingga nomor IMEI yang tidak aktif atau bahkan tidak terdaftar akan di hapus secara otomatis oleh mesin.

Biasanya pengguna akan mengajukan komplain pada penjual jika sinyal iPhone mendadak hilang. Selain itu ada cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

Cara mengatasi sinyal iPhone hilang mendadak

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi permasalahan sinyal iPhone yang no service. Namun tidak semua cara ini bisa bekerja dengan baik di semua perangkat. Terkadang ada beberapa perangkat yang bisa dan ada beberapa perangkat yang tidak bisa. Oleh karena itu kamu bebas menggunakan cara mana saja sesuai keinginan.

1. Registrasi ulang IMEI

Registrasi ulang IMEI bisa saja di lakukan jika masalah kehilangan sinyal di sebabkan oleh IMEI yang memang dihapus dari pihak Kemenperin. Namun bukan mudah, faktanya mendaftarkan IMEI di Kemenperin tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih lagi ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar IMEI bisa terdaftar. Biasanya masalah ini terjadi tidak lain di karenakan iPhone tidak terjual secara resmi di Indonesia. Seperti misalkan kamu membeli iPhone bekas dengan istilah ex inter. Ex Inter sendiri bermakna bahwa iPhone berasal dari luar negeri sehingga IMEI tidak terdaftar di Indonesia.

2. Aktifkan dan Matikan Mode Pesawat

Alternatif lainnya yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah sinyal iPhone yang mendadak hilang adalah dengan mengaktifkan mode pesawat untuk kemudian mematikannya kembali. Jika masalah hilang sinyal tidak begitu besar serta tidak ada kerusakan hardware, maka dengan mengaktifkan mode pesawat bisa membuat sinyal iPhone kembali seperti sedia kala.

3. Hubungi call center provider yang digunakan

Bisa saja masalah hilang sinyal iPhone di sebabkan oleh provider yang bermasalah. Untuk itu kamu perlu menanyakan masalah sinyal pada provider yang kamu gunakan. Biasanya jika masalah tersebut datang dari provider maka tidak akan berlangsung lama dan sinyak akan kembali normal.

4. Reset Network Setting

Reset network Setting bisa di lakukan jika sinyal iPhone mendadak no service. Di mana cara ini memungkinkan setting jaringan kembali seperti sedia kala. Jika masalah sinyal yang hilang di sebabkan oleh setting jaringan, maka akan mudah untuk mengembalikan sinyalnya.

5. Restart iPhone

Merupakan cara termudah yang bisa di lakukan. Restart iPhone untuk coba memperbaiki masalah sinyal yang mendadak no service. Beberapa perangkat memang bisa bekerja setelah iPhone direstart dan sinyal kembali muncul.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sinyal iPhone yang mendadak hilang. Seperti pada penjelasan sebelumnya, kamu bebas menggunakan cara mana saja sesuai keinginan.

Baca Juga :

***