Cara Mudah dan Cepat Membuat Antena TV Digital Segala Arah

Membuat Antena TV Digital – Siaran Televisi terkadang banyak semut yang menjadi permasalahan tersendiri. Oleh karena itu kamu perlu menggunakan jenis antena segala arah. Namun tidak perlu khawatir, karena kamu bahkan bisa membuat antena segala arah dengan barang yang ada. Sebagai informasi tambahan, antena sendiri tidak lain adalah elemen yang terbilang cukup penting dalam perangkat Televisi.

Antena bekerja dengan cara menangkap sinyal sehingga siaran channel Televisi dapat di tampilkan dalam sebuah TV.

Selain itu ada beragam antena TV yang bisa di gunakan mulai dari antena jari, antena paralon, antena wajan, dan lainnya. Jika kamu merasa harga antena TV cenderung mahal, maka kamu bisa memanfaatkan barang bekas sebagai alternatif.

Nah untuk kamu yang penasaran, pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai cara membuat antena TV digital segala arah.

Cara membuat antena TV digital segala arah

Sebelum membuat antena TV segala arah, ada beberapa alat dan bahan yang di perlukan. Berikut adalah beberapa di antaranya :

Alat dan bahan yang di butuhkan :

  • Seng biasa atau bisa juga dengan nisplang ukuran 1 meter
  • Baut
  • Paku
  • Gunting khusus seng
  • Palu
  • Obeng

Nah setelah menyiapkan semua alat dan bahan yang di butuhkan. Selanjutnya kamu bisa langsung ke praktek membuat antena TV digital segala arah.

Langkah 1, Potong seng

Langkah awal yang perlu di lakukan adalah dengan memotong seng. Potong seng dengan ukuran yang presisi dan pastikan kamu melakukannya secara hati-hati.

Langkah 2, Rakit seng yang sudah di potong

Setelah seng di potong, selanjutnya kamu perlu merakit seng sesuai dengan gambar. Kamu bisa memanfaatkan beberapa alat seperti obeng, paku, dan palu.

Langkah 3, Pasang Kabel Jack

Setelah merakit seng, selanjutnya pasang koneksi kabel driver maupun kabel jack pada antena. Pastikan juga agar kabel terpasang dengan kencang menggunakan timah. Jika di butuhkan, kamu bisa menambahkan booster.

Langkah 4, Letakkan di posisi yang aman

Langkah berikutnya yang harus di lakukan adalah dengan meletakkan antena di tempat yang aman dan tidak terjangkau oleh anak-anak. Selain itu di sarankan agar meletakkan antena di tempat tinggi agar bisa menangkap sinyal TV dengan baik.

Langkah 5, Sambungkan Set Top Box

Jika TV yang di gunakan sudah digital, maka kamu bisa menyambungkan sambungan kabel jack antena ke STB. Namun jika masih menggunakan TV analog, maka kamu tidak memerlukan penggunaan STB.

Keunggulan menggunakan antena TV segala arah

Antena TV segala arah banyak di gunakan karena memang memiliki beragam keunggulan. Adapun beberapa keunggulan di antaranya adalah :

  1. Ukuran antena yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu kamu bisa membuat antena kecil agar tidak memakan tempat.
  2. Harga lebih terjangkau karena bisa dibuat dirumah dan memanfaatkan barang yang ada.
  3. Hasil gambar tetap jernih jika dibuat dengan langkah yang benar.

Demikian beberapa cara, alat, dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat antena TV segala arah. Penggunaan antena TV segala arah tentu sangat memudahkan kamu menonton TV tanpa siaran yang semutan. Pastikan kamu mengikuti semua tahapannya dengan seksama.

Baca Juga :

***