Mengenal Apa itu TWS, Kelebihan dan Kekurangannya !

Apa itu TWS, Kelebihan dan Kekurangannya? – Belakangan ini, teknologi di susupi dengan istilah TWS yang banyak di perbincangkan. Di mana TWS ini sebenarnya tidak lain adalah aksesoris pada smartphone yang seringkali di gunakan. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang istilah TWS lengkap dengan kelebihan serta kekurangannya. Simak ulasan di bawah ini !

Apa itu TWS?

TWS merupakan singkatan dari True Wireless Stereo yang tidak lain adalah perangkat audio. Sesuai dengan namanya, TWS menghasilkan suara stereo yang terbilang cukup sempurna. Selain itu TWS menggunakan teknologi true wireless sehingga dalam penggunaannya sudah tidak membutuhkan kabel apapun yang menghubungkan ke perangkat lain seperti smartphone. Adapun koneksi yang di butuhkan hanya Bluetooth saja.

Sebagai informasi tambahan, TWS pertama yang di rilis adalah Bragi Dash tepatnya pada tahun 2015. Kemudian di susul dengan Airpods dari Apple pada tahun 2016. Seiring berjalannya waktu, teknologi TWS semakin populer dan banyak peminat. Oleh karena itu tidak heran jika kamu menemukan banyak produk mengeluarkan TWS seperti JBL, Samsung, Sony, Bose, dan lainnya.

Cara kerja TWS yakni menggabungkan antara teknologi nirkabel dengan format suara stereo. Memanfaatkan gelombang radio yang terhubung dengan koneksi bluetooth untuk selajutnya di sambungkan dengan perangkat lain seperti smartphone, laptop, dan lainnya.

Kelebihan TWS

Setiap produk tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Sama halnya dengan TWS di mana kamu akan mendapatkan beberapa kelebihan saat menggunakannya seperti :

1. Simple

Di karenakan penggunaannya tanpa membutuhkan kabel. TWS akan tetap terhubung dengan perangkat lain menggunakan Bluetooth. Sehingga kamu tidak akan merasakan pengalaman kabel kusut, terputus, atau tersangkut. Selain itu berbeda dengan headphone wireless pada umumnya, TWS memiliki bentuk yang lebih mungil dan mudah di simpan. Bahkan tempat penyimpanannya juga sekaligus di gunakan untuk mengisi daya.

2. Menggunakan teknologi terbaru

Selain simple, keunggulan TWS lainnya yang bisa di rasakan oleh pengguna adalah teknologi bluetooth terbaru. TWS cenderung di lengkapi dengan fitur canggih seperti bluetooth 5.0 yang bisa terhubung hingga 10 meter. Menariknya lagi, teknologi yang ada pada TWS di nilai mampu menghemat daya baterai saat penggunaan.

Kekurangan TWS

Jika ada kelebihan, tentu setiap produk juga memiliki kelemahan. Sama juga halnya dengan TWS di mana kamu akan menemukan beberapa kelemahan seperti di antaranya adalah :

1. Kemungkinan terjadi Latency

Kemungkinan Latency ini adalah terjadinya jeda waktu yang di butuhkan untuk mengantarkan suara dari perangkat menuju TWS. Sehingga kemungkinan suara yang di hasilkan dari TWS akan lebih terasa lambat bahkan tertunda. Hal tersebut tentu akan mengganggu saat pengguna sedang menonton film, bermain game, atau menonton video. Bahkan Latency juga bisa saja dialami oleh semua perangkat wireless mulai dari headphone, earphone, hingga TWS.

2. Tidak bisa digunakan secara penuh

Dikarenakan penggunaannya yang mengandalkan baterai, maka TWS memiliki daya tahan baterai yang terbatas. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa pengguna tidak bisa menggunakan TWS selama 24 jam penuh. Sebagai alternatif, pastikan kamu selalu membawa powerbank saat ingin melakukan perjalanan jauh.

3. Harga cenderung lebih mahal

Semua teknologi terbaru biasanya di jual dengan harga yang relatif mahal. Hal ini di karenakan fitur dan teknologi di dalamnya yang sudah canggih dan terbaru. Pada TWS, jika ingin mendapatkan produk yang berkualitas, maka perlu menyisihkan uang lebih karena harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan earphone biasa.

Nah itulah penjelasan tentang apa itu TWS lengkap dengan kelebihan serta kelemahannya. Berdasarkan informasi diatas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan TWS?

Baca Juga :

***