Cara Membuat Kartu Pelajar untuk Sekolah dan Jenisnya

Cara Membuat Kartu Pelajar untuk Sekolah – Seperti yang Anda ketahui, kartu pelajar adalah komponen penting dari sistem pendidikan. Akibatnya, sekolah sangat memperhatikan proses pembuatan kartu pelajar, mulai dari tingkat playgroup hingga perguruan tinggi. Kartu pelajar adalah kartu identitas yang di berikan oleh sekolah kepada siswanya.

Sekolah memberikan kartu pelajar kepada siswa baru setiap tahun sebagai bukti kepedulian mereka terhadap mereka dan untuk melindungi mereka. Sekolah juga memberikan kartu alumni sebagai bagian dari jaringan alumni. Selain itu, kartu pelajar ini merupakan bagian dari keamanan sekolah dan profesionalitasnya.

Cara Membuat Kartu Pelajar untuk Sekolah

Sebenarnya, sekolah dapat mencetak kartu pelajar ke percetakan untuk membuatnya. Jenis layanan ini biasanya menyediakan layanan online untuk membuat transaksi lebih efisien, praktis, dan mudah. Untuk membuat kartu pelajar yang harus di perhatikan sekolah, biasanya di butuhkan informasi berikut:

1. Identitas Siswa

Komponen ini di anggap paling signifikan. Semua kartu pelajar harus menunjukkan identitas masing-masing siswa. Sekolah dapat memberikan informasi tentang data diri masing-masing siswa dalam bentuk data Excel atau Word. Untuk membuat proses percetakan lebih mudah, foto siswa juga harus di sertakan.

2. Identitas Sekolah

Dalam bagian kedua, identitas sekolah di tunjukkan dengan foto, nama, logo, dan alamat sekolah. Sekolah juga biasanya menyediakan instruksi tentang penggunaan student card. Mereka juga dapat membuat template sendiri untuk membuat kartu pelajar yang lebih efektif.

3. Informasi Lainnya

Anggaran untuk membuat kartu pelajar atau barcode adalah bagian terakhir. Jika sekolah ingin membuat student card yang lebih canggih, data pita magnetik ini sangat penting. Setelah semua persyaratan di penuhi, Anda dapat langsung menghubungi perusahaan percetakan yang berpengalaman. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan terlebih dahulu jenis kartu identitas yang ingin Anda miliki, termasuk desain dan jumlah kartu pelajar yang ingin Anda cetak.

Jenis-Jenis Kartu Pelajar

Anda sekarang tahu cara membuat kartu pelajar. Anda juga harus tahu apa saja jenis kartu pelajar yang dapat Anda kirim:

  1. Kartu Pelajar Sederhana
    Kartu pelajar instan tidak berbeda dengan kartu pelajar pres; kualitas cetakan kartu pelajar instan masih lebih buruk daripada kartu pelajar press, terutama dalam hal ketajaman cetakan.
  2. Kartu Magnetik untuk Pelajar
    Kartu pelajar magnetik memiliki pita magnetik di bagian belakangnya dan dapat di gunakan sebagai kartu kehadiran atau presensi.
  3. Press Cards for Students
    Ketebalan 0,76 mm adalah ciri khas kartu pelajar ini. Mengapa disebut kartu press siswa? Karena kartu pelajar ini di cetak menggunakan mesin press dan mesin printing.
  4. Kartu Pelajar Tipis
    Berbeda dengan pilihan sebelumnya, kartu pelajar tipis ini memiliki fungsi yang sama seperti kartu pelajar press, dengan ketebalan hanya 0,4 mm.
  5. Kartu Pelajar Berukuran Besar
    Ketebalan kartu pelajar tebal ini hanya 0,96 mm, dan yang lainnya sama dengan kartu pelajar press.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara membuat kartu pelajar yang perlu anda ketahui.

Baca Juga :

***