4 Cara Mudah Bayar PBB Secara Online

Cara bayar PBB Online – Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak yang di kenakan pada properti dan bangunan Anda. Undang-Undang nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, yang di ubah dengan Undang-Undang nomor 12 Tahun 1994, adalah dasar dari undang-undang ini.

Pembayaran PBB pada dasarnya di lakukan setahun sekali dan harus di lakukan paling lambat enam bulan setelah menerima Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dari otoritas pajak. Wajib pajak PBB adalah pemilik tanah atau bangunan, atau orang yang memiliki rumah.

Sekarang semua bisa di lakukan secara online, orang seperti Anda tidak perlu repot lagi dengan urusan PBB. Namun, bagaimana sebenarnya cara membayar PBB secara online? Mari kita bahas prosesnya.

Cara Bayar PBB Online

Pentingnya meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak telah menyebabkan inovasi dalam pembayaran PBB. Sekarang, pembayaran PBB secara online lebih mudah dan cocok untuk banyak orang, dan dapat di lakukan di seluruh Indonesia tanpa memperhatikan hari kerja atau jam operasional. Beberapa cara yang paling umum untuk membayar PBB secara online adalah melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan mobile banking. Baca lebih lanjut tentang cara-cara ini.

1. Melalui ATM

Jika Anda ingin membayar PBB dengan mudah dan tidak bergantung pada koneksi internet, opsi ini akan menjadi pilihan yang tepat:

  • Pilih menu pembayaran, lalu pilih pajak.
  • Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP) dan tahun pembayaran PBB. Informasi tentang objek pajak, tagihan, dan nama Anda akan muncul.
  • Periksa informasi ini untuk memastikan bahwa jumlah pajak yang harus Anda bayar benar.
  • Jika semuanya benar, tekan tombol untuk membayar.
  • Namun, jika Anda membayar melalui internet, jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran ini.

2. Melalui MBanking

Cara ini cocok jika Anda sering menggunakan mobile banking. Hampir semua bank saat ini, seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan BTN, menyediakan layanan pembayaran PBB melalui metode ini:

  • Klik menu pembayaran dan pilih pajak atau MPN (Masukan Pembayaran Negara).
  • Pilih rekening debet dan masukkan tahun pajak, kode bayar, dan nomor objek pajak.
  • Pastikan untuk mengecek nomor kode bayar di situs web aplikasi pembayaran pajak daerah yang sesuai dengan tempat tinggal Anda.

3. Melalui Website

Jika Anda belum tahu cara mengecek PBB secara online, Anda dapat melakukannya melalui website PBB. Oleh karena itu, gunakan mesin pencarian untuk mencari frase seperti “PBB online (nama daerah)”. Ini akan membawa Anda ke situs web PBB yang berisi panduan pembayaran. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah kekurangan pembayaran dari PBB di masa mendatang.

4. Melalui Aplikasi

Selain itu, Anda dapat melakukan pembayaran kepada PBB melalui aplikasi. Namun, saat ini layanan ini hanya tersedia di beberapa daerah, yaitu Kota Tangerang Selatan, Kota Banjar, Kota Cilegon, Kota Majalengka, Kabupaten Subang, Kota Bekasi, Kabupaten Kuningan, dan Kota Bogor.

Aplikasi iPBB, yang dapat diunduh dari Google Play Store, memungkinkan Anda untuk memeriksa tagihan dan Nomor Objek Pajak (NOP).

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar PBB dengan mudah secara online. Anda bisa menggunakan cara yang mana saja sesuai keinginan.

Baca Juga :

***