Cara Mudah Keluar dari Partai Politik secara Online

Cara keluar partai politik secara online – Secara ideal, warga negara dapat berpartisipasi dalam politik melalui partai politik. Perbedaan pendapat dengan anggota lain dalam prosesnya normal. Jika ada perbedaan yang signifikan dalam hal prinsip, satu-satunya pilihan yang tersedia adalah bergabung dengan partai politik lain atau meninggalkan sistem perpolitikan sama sekali. Selain itu, seperti yang di laporkan oleh situs web Pusat Edukasi Anti Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi, anggota partai sering mengalami masalah. Menurut survei Transparency International pada tahun 2003, 2004, dan 2008, lembaga paling korup kedua adalah partai politik, setelah parlemen.

Bagaimana cara meninggalkan partai politik? Pada dasarnya, jika Anda ingin keluar dari partai politik setelah menjadi anggota partai tertentu, Anda harus keluar dari parpol terlebih dahulu. Sipol, atau Sistem Informasi Partai Politik, memungkinkan orang untuk keluar dari partai. Sipol adalah sistem aplikasi yang di buat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Aplikasi ini di operasikan secara online dan berfungsi untuk berbagi informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan parpol.

Fungsi Sipol KPU yang lain adalah sebagai sumber informasi untuk memastikan bahwa warga negara terdaftar dalam partai politik. Ini adalah fitur yang sangat penting karena beberapa waktu lalu banyak kasus pencatutan nama sebagai anggota partai politik yang tidak pernah mengajukan diri. Oleh karena itu, masyarakat harus memastikan bahwa mereka tidak pernah di catut nama sebagai anggota partai politik.

Cara keluar Partai Politik secara online

Tidak perlu khawatir jika nama Anda di catut sebagai anggota partai politik meskipun Anda tidak pernah mengajukan diri. Anda dapat mengikuti proses mengajukan pengunduran diri sebagai anggota partai politik secara langsung atau melalui internet. Cara keluar dari partai politik secara online di Sipol KPU adalah dengan mengisi tanggapan yang di sertai dengan bukti pendukung. Data keanggotaan partai politik Anda akan di hapus dari Sipol jika tanggapan tersebut dapat di buktikan oleh KPU. Bagaimana kita bisa keluar dari Sipol?

  • Akses situs web ini: https://infopemilu.kpu.go.id/.
  • Klik menu “Reply!”.
  • Pilih “Pemutakhiran Data Partai Politik” sebagai tahapan.
  • Anda harus memilih kategori “Pencatutan data anggota Partai Politik”.
  • Setelah itu, pilih “Cek Anggota Parpol”.
  • Setelah mengisi NIK Anda, centang kolom “Saya bukan robot”, klik “Cari”.
  • Berikan jawaban Anda dan alasan Anda mengundurkan diri. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti petunjuk di situs web dan mulai mengisi formulir pendaftaran Anda secara menyeluruh.
  • Tambah gambar bukti dari tangkapan layar (screenshot). Selain itu, Anda dapat memasukkan formulir respons masyarakat, yang dapat di unduh di sini.
  • Pastikan untuk mengikuti alur hingga selesai. KPU akan memeriksa jawaban Anda. Data yang berkaitan dengan keanggotan partai politik Anda akan di hapus dari Sipol setelah terbukti benar.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara mudah keluar dari partai politik. Semoga informasi ini bisa membantu anda dikarenakan keluar dari partai politik secara online bisa dilakukan dirumah. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***