Deretan Aplikasi Database Terbaik dan Gratis yang Bisa Digunakan

Aplikasi database gratis – Database atau basis data merupakan kumpulan data yang sudah terorganisir dengan baik dalam bentuk skema, tabel, objek, view, query, dan lain sebagainya.

Saat ini sendiri ada beberapa aplikasi database terbaik yang bisa Anda gunakan.

Beberapa aplikasi tersebut di antaranya menjadi yang paling populer.

Meskipun umumnya memiliki tampilan serta tombol menu yang berbeda namun tetap memiliki fungsi yang sama.

Apa Itu Database

Apa itu database? Database (basis data) adalah kumpulan dari berbagai data maupun informasi yang sudah tersusun dan tersimpan dalam komputer secara sistematik dan dapat di olah/manipulasi menggunakan program komputer untuk memperoleh informasi dari data tersebut.

Umumnya, perangkat lunak yang di gunakan untuk mengelola database di kenal dengan sebutan database management system.

Istilah aplikasi database sendiri mengacu pada koleksi data yang semuanya saling terkait satu dengan yang lain. Tujuannya yakni bisa di gunakan untuk mengelola data agar lebih efisien dan juga efektif.

Macam-macam Aplikasi Database

Ada beberapa aplikasi database yang bisa Anda gunakan. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

1. Aplikasi Database MySQL

Merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer di antara aplikasi lain database. Aplikasi yang satu ini memiliki sifat open source serta bisa Anda gunakan untuk membuka platform dengan baik tanpa mengalami gangguan.

MySQL sendiri bisa Anda gunakan sebagai sistem operasi dari Linux, Windows, mac OS X, dan masih banyak lagi. Terlebih, aplikasi ini juga bersifat network, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan multi user.

2. Aplikasi Database MariaDB

Merupakan sebuah aplikasi yang di kembagkan oleh sistem basis data yang sama dengan aplikasi MySQL.

Mereka menyebutkan alasan mengapa mengembangkan aplikasi ini karena sebagai bentuk kekhawatiran pada Oracle Corporation.

Adapun tujuan di kembangkannya MariaDB adalah mempertahankan dan menjaga kompatibilitas tinggi terhadap MySQL.

3. Aplikasi Database Microsoft SQL Server

Aplikasi database yang satu ini tentu sudah Anda ketahui. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi basis data yang berasal dari Microsoft.

Bahasa database yang di gunakan tersebut adalah Transact-SQL yang merupakan gabungan dari SQL standar ISO/ANSI.

Memang bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang populer dan banyak di gunakan oleh Sybase ataupun Microsoft.

Pada mulanya, Ms. SQL Server merupakan data yang di gunakan untuk database skala menengah atau kecil.

Namun saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk database dengan skala yang lebih besar.

Adapun beberapa kelebihan jika Anda menggunakan aplikasi yang satu ini adalah dapat di gunakan oleh banyak platform, mempunyai tipe data banyak, database cukup banyak, dan lain sebagainya.

4. Aplikasi Database Oracle Database

Aplikasi ini merupakan aplikasi database terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan data dengan skala besar.

Anda bahkan bisa menggunakannya untuk menyimpan data hingga ukuran terabyte. Saat ini pun ada banyak orang yang menggunakan aplikasi ini.

Alasannya karena dapat menyimpan dalam jumlah besar selain itu juga mudah di download.

Pada aplikasi ini juga memiliki versi gratis serta tampilan yang sesuai dengan Anda yang baru saja terjun ke dunia database.

5. PostgreSQL

Aplikasi database gratis selanjutnya adalah PostgreSQL. atau yang lebih sering di kenal dengan nama PostgreSQL.

Aplikasi ini merupakan basis data yang bersifat data relasional sehingga bisa di gunakan untuk menyimpan hingga mengembalikan data dengan aman.

Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini dengan lebih ringan, meskipun di gunakan oleh banyak pengguna.

Perlu di ketahui juga bahwa pengguna yang mempunyai macOS Server, aplikasi PostgreSQL adalah database default. Hal ini berarti aplikasi basis data yang satu ini memang sudah terinstall dan bawaan dari OS tersebut.

6. SQLite

Aplikasi database lainnya adalah SQLite. Aplikasi yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin mempunyai data yang terstruktur.

Anda bahkan bisa memanfaatkannya sebagai caching serta menyediakan data dari cloud. Bagi Anda yang juga suka dengan data dalam bentuk kolom dan baris maka gunakan saja aplikasi yang satu ini.

7. Aplikasi Database DBeaver

Merupakan sebuah aplikasi database yang mempunyai mode graphical atau GUI.

Anda pun bisa mendapatkan versi Community Edition ataupun versi yang berbayar. Adapun beberapa fitur menarik yang di sediakan adalah dukungan banyaknya platform serta kemampuan menulis berbagai file ekstensi (plugins).

8. Aplikasi Database MongoDB

Aplikasi basis data yang satu ini memiliki cara kerja yang berorientasi pada open source serta cross platform.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga di golongkan sebagai aplikasi dengan basis data NoSQL sehingga cara kerjanya pun memakai prinsip yang hampir sama dengan JSON (aplikasi database lain).

9. Apache Cassandra

Aplikasi database yang satu ini adalah aplikasi yang bersifat cluster. Cassandra sendiri memiliki benchmark yang bisa di gunakan dengan lebih baik jika di bandingkan dengan NoSQL lainnya.

Aplikasi database yang satu ini juga dapat menjamin keamanan data saat perangkat Anda mati. Tak hanya itu, aplikasi ini juga sudah di lengkapi dengan tim pendukung yang sangat profesional dalam keperluan enterprise.

Beberapa aplikasi di atas merupakan aplikasi database terbaik yang bisa Anda pilih. Selanjutnya pelajari juga Penyebab dan Cara Mengatasi Monitor Laptop Berbayang