Cara Mudah Setting Sound System yang Baik dan Benar

Cara Setting Sound System – Anda harus tahu cara mengatur sound system atau tata suara untuk sebuah acara jika Anda percaya untuk melakukannya. Jika Anda belum pernah melakukannya, baca artikel ini untuk mengetahui cara melakukannya dengan mudah. Cara menginstal sound system, mulai dari persiapan awal hingga pengujian sistem, dapat di temukan di sini.

Persiapan

Sebelum Anda dapat mulai menyiapkan sound system untuk acara, Anda harus melakukan beberapa hal berikut:

1. Lokasi Ruang

Untuk memastikan acara berjalan lancar, penting untuk mengetahui tata letak ruang acara. Melihat tata letak ruangan juga membantu Anda mengetahui di mana kabel akan di letakkan hingga speaker. Sebaiknya speaker di tempatkan sehingga setiap pengunjung dapat mendengar dengan baik tanpa umpan balik mikrofon. Pengeras suara biasanya terletak di kedua sisi panggung. Letakan speaker di depan mikrofon, bukan di belakang, agar tidak ada umpan balik dari mikrofon.

Selain itu, Anda harus menentukan letak mixer dan jalur kabelnya. Biasanya, mixer di letakkan di salah satu sisi panggung untuk mengurangi jumlah kabel yang di gunakan. Kabel tidak seharusnya mengganggu pengunjung dengan mengatur jalur kabel di pinggir gedung atau membuat jalur di area yang mungkin tidak di kunjungi pengunjung.

2. Barang-barang yang Harus Disediakan

Untuk memastikan acara berjalan dengan baik, Anda harus menyiapkan perangkat sound system berikut:

Mikrofon sebagai komponen yang mengeluarkan suara, dan mixer suara sebagai komponen yang mengatur suara yang di keluarkan. Komponen input transducer, seperti mikrofon, yang menerima suara dari luar sound system.

Cara Setting Sound System

Setelah semua persiapan selesai dan semua komponen sound system di letakkan di tempatnya. Selanjutnya, ikuti instruksi berikut untuk mengatur sound system.

1. Menghidupkan sumber daya listrik

Jika sumber listrik di gunakan di gedung atau di acara, pastikan sumber listrik dapat menjalankan komponen sound system dengan baik.

2. Konfigurasi Mixer Audio

Apabila mixer audio telah di gunakan untuk acara lain dan belum di kembalikan ke posisi awalnya, kembalikan ke posisi awalnya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak mengejutkan orang lain di gedung saat Anda menghubungkan ke speaker.

3. Atur Mixer ke Speaker.

Hubungankan mixer ke speaker dengan kabel XLR.

4. Hubungankan mikrofon ke Mixer.

Sekarang masukkan mikrofon dan transducer lainnya ke dalam mixer.

5. Berakhir

Setelah sound system terpasang dengan baik, lakukan pengujian untuk memastikan apakah semuanya berjalan sesuai rencana.

Baca Juga :

***