Cara Mudah Instal Python di Termux untuk Pemula

Cara Instal Python di Termux – Termux adalah emulator terminal Android dan aplikasi lingkungan Linux yang memungkinkan Anda menjalankan program baris perintah di perangkat Android Anda. Python merupakan bahasa pemrograman populer yang banyak di gunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pengembangan web, analisis data, dan otomatisasi.

Dengan menginstal Python di Termux, Anda dapat memanfaatkan kekuatan Python di perangkat Android Anda dan melakukan berbagai tugas. Mari kita mulai!

Apa itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang di gunakan untuk membangun situs web, software, atau aplikasi, mengotomatiskan tugas, dan melakukan analisis data. Artinya, ia dapat di gunakan untuk membuat berbagai program, bukan hanya untuk menyelesaikan masalah tertentu. Ia menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak di gunakan karena mudah di gunakan dan serbaguna, terutama untuk pemula.

Survei pengembang Stack Overflow tahun 2022 menunjukkan bahwa Python menjadi bahasa pemrograman terpopuler keempat dan hampir setengah dari peserta menyatakan bahwa mereka menggunakannya hampir setengah dari waktu kerja mereka. Guido van Rossum menganggap nama Python berasal dari Monty Python, karena dia membaca skrip Sirkus Terbang Monty Python BBC dan menganggapnya singkat dan sedikit misterius. Karena itu, sang kreator memutuskan untuk memberi nama bahasa pemrograman yang dia buat itu.

Cara Download Termux

Karena versi yang tersedia di Google Play Store tidak terupdate, kami menyarankan agar Anda tidak menggunakan platform tersebut untuk menginstal Termux. Untuk mendownload versi terbaru, silahkan pergi ke halaman repository termux dengan cara ini:

  • Dengan mengikuti link ini pada perangkat Android yang di gunakan, Anda dapat pergi ke halaman website repository resmi termux. Download Termux
  • Silahkan pilih file dalam format.apk.
  • Setelah itu, ikuti instruksi untuk memulai instalasi pada perangkat android yang di gunakan, dan tunggu sampai proses selesai.

Cara Instal Python di Termux

  • Sekarang setelah Anda menyiapkan Termux, Anda dapat melanjutkan dengan menginstal Python. Luncurkan Termux dan jalankan perintah berikut untuk memperbarui repositori paket:

pkg update

  • Setelah proses update selesai, masukkan perintah berikut untuk menginstal Python:

pkg install python

  • Termux akan mengunduh dan menginstal paket Python beserta dependensinya. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada koneksi internet Anda.
  • Untuk memastikan bahwa Python terinstal dengan benar, Anda dapat memverifikasi instalasi dengan menjalankan perintah berikut:

python --version

  • Jika Python terinstal dengan benar, perintah akan menampilkan versi Python yang terinstal.

Menggunakan Python di Termux

  • Setelah Python berhasil diinstal, Anda sekarang dapat mulai menggunakannya di Termux. Luncurkan Termux dan masukkan perintah berikut untuk membuka juru bahasa Python:

python

  • Anda sekarang akan memiliki akses ke shell Python, tempat Anda dapat mengeksekusi kode Python dan berinteraksi dengan bahasa tersebut.
  • Salah satu kelebihan Python adalah ekosistem paketnya yang luas. Untuk menginstal paket Python di Termux, Anda dapat menggunakan manajer paket pip. Jalankan perintah berikut untuk menginstal paket Python yang diinginkan:

pip install package_name

Ganti package_name dengan nama paket yang ingin Anda instal. Termux akan mengunduh dan menginstal paket beserta dependensinya.

Baca Juga :

***