Cara Mudah Menghilangkan Password di Excel

Cara Menghilangkan Password di Excel – Ternyata menghilangkan password Microsoft Excel sangat mudah. Excel adalah aplikasi populer pengolah angka dan pembuat data yang hampir setiap pemilik laptop menggunakannya. Terutama bagi instansi dan perusahaan yang membutuhkan lembar kerja untuk mengelola data laporan keuangan, lembar kerja tersebut merupakan bagian dari privasi instansi dan perusahaan yang bersangkutan, sehingga biasanya mereka melindunginya melalui aplikasi Microsoft Excel.

Memberikan password pada lembar kerja adalah salah satu caranya. Seseorang yang tahu kata sandi tersebut dapat mengubahnya kapan saja. Anda dapat menghilangkan kata sandi tersebut jika dokumen tersebut sudah tidak di butuhkan lagi. Cara menghilangkan password Excel adalah sebagai berikut.

Cara Menghilangkan Password di Excel

Terdapat cara untuk menghilangkan kata sandi dari lembar kerja Excel, tergantung pada versi Windows laptop yang di gunakan, menurut laman resmi Microsoft. Lihat cara ini untuk menghilangkan password Microsoft Excel:

Microsoft Excel 2019

Cara menghilangkan kata sandi di Microsoft Excel dapat di sesuaikan dengan versi Office. Dalam versi terbaru, Anda dapat membuka lembar kerja di mana Anda ingin menghilangkan kata sandi.

1. Buka Lembar Kerja yang Diharapkan Tidak Memiliki Kata Sandi

Untuk menghapus kata sandi dari lembar kerja, buka tab “Tinjau” dan pilih “Proteksi Lembar” atau “Proteksi Buku Kerja”. Klik “Buka Proteksi Lembar” atau “Proteksi Buku Kerja”, dan kemudian masukkan kata sandi Anda. Lembar kerja secara otomatis akan di hapus dari kata sandi.

2. Untuk Menambahkan Password Baru, pilih Proteksi Lembar.

Jika Anda ingin menambahkan kata sandi baru, klik “Proteksi Lembar” atau “Proteksi Buku Kerja”, ketik dan pastikan kata sandi yang Anda pilih, lalu klik “OK”. Jika Anda ingin menghapus kata sandi dari buku kerja, klik “Proteksi Buku Kerja”, lalu klik “OK” tanpa memasukkan kata sandi yang Anda pilih.

Versi Microsoft Office 2011

Selain itu, untuk versi Microsoft Office 2011, Anda dapat menghilangkan kata sandi pada lembar kerja dengan cara ini:

  • Buka dokumen yang Anda ingin menghilangkan kata sandinya.
  • Kemudian, pada tab “Tinjau”, klik “Kata Sandi”. Pilih apa yang ada di kotak kata sandi untuk di buka atau di ubah, lalu tekan “Hapus”. Terakhir, klik “Simpan”.

Namun, untuk mengubah kata sandi, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  • Buka dokumen di mana Anda ingin mengubah kata sandi.
  • Kemudian, pada tab “Tinjau”, klik “Kata Sandi”. Pilih semua konten, ketik kata sandi baru, lalu klik “OK”.
  • Dalam kotak “Konfirmasi Kata Sandi”, ketik kembali kata sandi, lalu klik “OK”. Terakhir, klik “Simpan”.

Ingatlah bahwa kata sandi untuk Mac Excel memiliki batas 15 karakter. Jika kata sandi lebih panjang dari ketentuan ini, Anda tidak dapat membuka dokumen atau buku kerja yang dilindungi kata sandi di versi Windows Excel. Penulis berbasis Windows dapat menyesuaikan panjang kata sandi untuk dokumen Office untuk Mac.

Baca Juga :

***