Advertisements
game rts terbaik

Game RTS (Real-Time Strategy) merupakan subgenre dari game strategi yang berfokus pada resource dalam game untuk membangun unit. Selain itu juga perlu membaca pergerakan dan mengalahkan lawan. Game RTS terbaik mirip dengan game turn based strategy. Di mana setiap pemain memiliki waktu untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya tanpa harus khawatir dengan tindakan lawannya. 

Dalam game RTS, pemain harus berusaha untuk pintar-pintar mengelola resource, mempertahankan base, menyerang lawan, dan membaca pergerakan lawan. Akhir-akhir ini banyak game RTS bermunculan seperti Halo Wars 2, Dawn of War III, dan game-game yang serupa lainnya. Akan tetapi, kebanyakan dari game RTS sekarang lebih berfokus pada permainan multiplayer. Meskipun ada beberapa yang single player.

Beberapa game RTS terbaik untuk bisa kamu mainkan adalah:

Age of Empires III

ages of empires iii game rts terbaik

Game buatan Ensemble Studios ini merupakan salah satu RTS game keren yang masih dapat kamu mainkan saat ini. Memang game ini sudah berusia 15 tahun, namun kamu masih akan memainkan peperangan epik yang cukup memukau. Selain gameplay yang mudah kamu mainkan, semua faksi yang ada dalam RTS ini memiliki kekuatan yang cukup adil dan berimbang.

Kamu akan bertugas untuk memilih faksi yang terdiri dari beberapa negara Eropa. Dalam beberapa DLC, bahkan ada beberapa faksi tambahan dari benua Amerika dan Asia. Nah, kalau kamu suka dengan game bergenre RTS, gak ada salahnya kamu memainkan kembali game bertema kolonial yang satu ini.

Battle Realms

battle realms

Game ini bercerita tentang empat klan, yakni Wolf, Dragon Serphent, dan Lotus yang berada dalam satu negara. Klan Lotus menjadi pihak yang jahat karena ingin menguasai negara yang terdapat dalam game Battle Realms ini. Klan tersebut memiliki prajurit-prajurit yang sangat kuat. Walaupun begitu, ketiga klan lainnya pun masih akan berperang satu sama lain untuk mempertahankan wilayahnya masing-masing.

Battle Realms memiliki sistem permainan yang bernama Yin dan Yang. Elemen tersebut ada pada semua prajurit dari setiap klan setelah melakukan pertempuran. Selain penting untuk meningkatkan kekuatan prajurit, Yin Yang juga penting untuk membuat hero sebagai prajurit yang paling tangguh dari tiap-tiap klan. Para hero tersebut nantinya bisa tercipta melalui bangunan suci yang yaitu Keep.

Warcraft III

warcraft iii

Warcraft III memiliki setting beberapa tahun setelah peristiwa versi yang ke-II. Dan menceritakan kisah upaya Burning Legion untuk menaklukkan dunia fiksi Azeroth dengan bantuan pasukan Undead, pimpinan Arthas Menethil.

Game ini merupakan RTS terbaik yang pernah di buat. Game ini menampilkan sinematik 3D yang bagus pada zamannya dan menawarkan mode single player yang menyenangkan. 

Tentu kami tidak lupa dengan game MOBA populer DOTA dimana mode game itu dibuat dengan world editor yang ada di dalam WarCraft III.

Company of Heroes 2

company of heroes game rts terbaik

Game ini menceritakan kisah tentang pertempuran Bulge yang terjadi pada tahun 1944. Pada game RTS terbaik ini, kamu dapat memainkan 3 dari 4 jenderal dalam story campaign.

Pada awalnya, kami meragukan mode single player dari Company of Heroes 2, akan tetapi desain mapnya yang strategis dan jalan ceritanya yang bagus membuat game ini layak untuk dijual secara terpisah dari base game aslinya.

Total War: Shogun 2

total war

Seri game Total War adalah candu bagi beberapa pencinta RTS game, mungkin termasuk kamu yang membaca artikel ini. Ya, salah satu seri terbaik dari Total War adalah Shogun 2. RTS garapan Creative Assembly ini memang sangat cocok buat kamu yang suka dengan sejarah kesyogunan Jepang dan masa kejayaannya.

Kamu akan memilih salah satu faksi kuat yang ada di Jepang. Masing-masing faksi tentu saja memiliki kekuatan, kelemahan, bahkan sejarahnya sendiri-sendiri. Sama seperti RTS game lainnya, kamu diwajibkan membangun kekuatan, pasukan, ekonomi, dan tentu saja mengatur siapa saja yang berhak menduduki takhta sebagai pemimpin di faksi yang telah kamu pilih.

By Mita