6 Aplikasi Meeting Online Terbaik dan Gratis, WFH Lancar !

Epic99.com – Aplikasi meeting online terbaik dan gratis. Meeting online menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pertemuan jarak jauh baik dalam hal pekerjaan maupun pendidikan. Saat ini aplikasi meeting secara virtual semakin banyak di gunakan terlebih sejak banyaknya penyebaran virus Covid19 yang membuat sebagian besar masyarakat harus melakukan aktifitasnya di rumah secara virtual.

Selain itu, Badan dan Sandi Negara alias BSSN memberikan himbauan kepada para pengguna agar lebih berhati-hati dalam memilih aplikasi yang di gunakan untuk meeting online. Hal tersebut bertujuan agar menghindari serangan hacker yang tentunya akan sangat merugikan bagi pengguna.

Nah sebagai panduan dalam memilih aplikasi meeting online terbaik, BSSN sendiri menyarankan pengguna untuk menggunakan aplikasi resmi dalam versi yang terbaru. Dan pastikan juga aplikasi meeting online di lengkapi dengan fitur enskripsi dan link communication yang bisa di aktifkan apabila meeting sedang berlangsung.


Berikut adalah beberapa aplikasi meeting online terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk digunakan.

1. Skype

Menjadi salah satu aplikasi meeting online terbaik sekaligus sebagai pelopor dalam melakukan panggilan video. Skype sangat membantu kamu dalam melakukan aktifitas meeting online. Hal tersebut di karenakan Skype sendiri memiliki berbagai fitur menarik yang bisa kamu nikmati.

Dengan menggunakan Skype, nantinya kamu akan bisa melakukan panggilan video bersama hingga 50 orang sekaligus dalam satu panggilan. Selain itu, panggilan video tersebut juga akan bisa di rekam, di simpan, dan juga di bagikan.

Skype juga menjadi aplikasi yang bisa di akses dari berbagai perangkat mulai dari PC/Laptop, Smartphone, bahkan hingga TV yang mendapat dukungan.

Download Aplikasi Skype

2. Zoom

Rekomendasi aplikasi meeting online terbaik lainnya adalah Zoom. Ada berbagai fitur canggih yang di tawarkan oleh aplikasi yang satu ini sehingga memudahkan penggunanya dalam melakukan video conference. Nantinya kamu akan bisa membagi layar atau screen sharing terutama saat ingin melakukan presentasi.

Selain itu, Zoom juga memungkinkan kamu untuk mengundang rekan meeting berdasarkan nomor telepon atau menggunakan email. Bahkan dengan aplikasi Zoom, kamu bisa melakukan panggilan video bersama hingga 100 orang dalam satu panggilan.

Download Zoom

3. Google Meet

Aplikasi besutan Google yang satu ini bisa di katakan sebagai salah satu aplikasi meeting online terbaik yang bisa kamu gunakan. Google Meet menawarkan beragam fitur menarik yang tentunya akan memudahkan kamu dalam melakukan rapat virtual.

Salah satu fitur menarik yang akan kamu rasakan saat menggunakan aplikasi ini adalah Google Meet bisa menampilkan captions secara otomatis melalui teknologi text-to-speech serta jadwal meeting yang akan terintegrasi langsung dengan Google Calendar.

Selain itu, aplikasi yang satu ini bisa di gunakan dengan mudah dalam berbagai platform seperti PC/Laptop, Smartphone, hingga Chromebase. Nantinya kamu bisa melakukan panggilan video bersama hingga 250 orang sekaligus dalam satu panggilan.

Kunjungi Google Meet

4. Microsoft Teams

Memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi meeting online lainnya. Aplikasi milik Microsoft ini menjadi salah satu yang terbaik untuk berkomunikasi dan meeting secara virtual. Teams memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan dalam 2 versi yang berbeda yaitu dalam versi gratis dan juga berbayar.

Kamu juga gak perlu khawatir, karena aplikasi teams dalam versi gratis juga bisa di bilang cukup mumpuni di gunakan sekedar untuk melakukan meeting online. Berbagai fitur yang nantinya bisa kamu rasakan antara lain adalah panggilan video tanpa batas durasi, fitur berbagi layar, penyimpanan pada cloud, serta panggilan video bersama hingga 300 orang sekaligus dalam satu panggilan.

Download Microsoft Teams

5. Cisco Webex

Mungkin aplikasi ini masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat. Namun Cisco Webex termasuk aplikasi yang banyak di gunakan untuk meeting virtual dari berbagai penjuru di dunia. Selan itu, aplikasi ini juga di dominasi oleh perusahaan besar di dunia hingga masuk dalam daftar Fortune 500.

Dengan menggunakan aplikasi Cisco Webex, nantinya kamu akan bisa melakukan panggilan video bersama hingga 100 orang sekaligus dalam satu panggilan. Selain itu kualitas gambar yang di suguhkan terbilang sangat jernih dan baik di bandingkan dengan aplikasi meeting online lainnya.

Tidak hanya kualitas gambar yang maksimal, suara yang di hasilkan dalam aplikasi ini juga terdengar sangat jernih hingga tidak terdengar kebisingan sama sekali. Cisco Webex menjadi aplikasi yang bisa di gunakan sepuasnya tanpa ada batasan waktu.

Download Cisco Webex

6. Jitsi Meet

Aplikasi meeting online terbaik lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Jitsi Meet. Jitsi Meet sendiri merupakan aplikasi gratis yang berbasis open source. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan dukungan untuk berbagai sistem operasi seperti windows, Linux, MacOS, Android, dan juga iOS.

Meskipun menjadi aplikasi berbasis open source dan gratis, namun fitur yang tersedia sangat mumpuni dan membantu kamu dalam melakukan meeting secara virtual.

Kunjungi Jitsi Meet


Nah itulah beberapa aplikasi meeting online terbaik yang bsia kamu gunakan secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi yang telah di sebutkan di atas tentu akan bisa memudahkan kamu dalam melakukan meeting secara virtual. Dan di antara aplikasi tersebut, manakah yang terbaik menurutmu?***