Cara Membangun dan Memanfaatkan LinkedIn untuk Profesional

Epic99.com – Cara membangun dan memanfaatkan Linkedin. LinkedIn merupakan jaringan yang yang berisikan profesional dari berbagai bidang. Selain itu LinkedIn sendiri menjadi yang terbesar di dunia. Di mana nantinya kamu bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa saling terhubung dengan para profesional lainnya serta belajar mengenai keterampilan yang kamu butuhkan. Kamu bisa menggunakan LinkedIn untuk kemajuan karir serta membangun networking. Bahkan kamu tetap bisa membuat akun LinkedIn sekalipun kamu masih berstatus sebagai mahasiswa.

cara membangun dan memanfaatkan linkedin

Nah untuk kamu yang penasaran, berikut ini cara membuat akun serta cara memanfaatkan media sosial yang satu ini untuk kemajuan karier yang lebih profesional


Cara membangun akun LinkedIn

Dengan menggunakan LinkedIn kamu bisa terhubung dengan para profesional tidak hanya dari Indonesia melainkan juga dari seluruh dunia. Berikut ini cara membangun akun LinkedIn dengan mudah :

  • Membuat profil, cara yang umum untuk kamu lakukan. Kamu bisa mendaftarnya terlebih dahulu serta melengkapi biodata yang di perlukan.
  • Membangun koneksi, menjadi hal yang penting untuk menjadikan LinkedIn yang profesional. Kamu bisa mulai terhubung dengan keluarga, dan juga teman.
  • Mencari pekerjaan, di mana kamu bisa mulai untuk mencari pekerjaan di LinkedIn. Selain itu kamu juga bisa melakukan riset terhadap perusahaan yang ingin kamu apply.
  • Berbagi konten, sama halnya dengan media sosial lain di mana kamu bisa membagikan berbagai konten untuk bisa saling belajar dan tetap terhubung. Kamu bisa berbagi semua hal terkait karir yang akan kamu bangun.

Tips memanfaatkan LinkedIn untuk karier yang profesional

Kamu bisa memanfaatkan LinkedIn dengan semaksimal mungkin agar profil kamu menjadi lebih profesional. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah untuk terhubung dengan para profesional lainnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Cara membangun akun LinkedIn

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk menghasilkan akun LinkedIn yang profesional :

Baca Juga:  Cara Mudah Menghubungkan HP ke TV dengan Kabel dan Tanpa Kabel

1. Membuat profil yang baik dan maksimal

Biasanya perusahaan yang sedang mencari karyawan baru di LinkedIn akan menggali informasi mengenai pelamar yang apply di perusahaannya. Oleh karena itu kamu membutuhkan profil yang baik dan terlihat profesional. Selain itu kamu juga bisa mencantumkan CV yang mendukung bidang yang kamu kuasai.

2. Mencantumkan keahlian yang di kuasai

Tidak hanya CV yang bagus. Di sana kamu juga bisa menunjukkan keahlian yang kamu miliki. Bahkan kamu juga bisa mengikuti berbagai tes yang di sediakan oleh LinkedIn yang bisa menjadi validasi mengenai keahlian yang kamu kuasai.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan nilai tambah terutama saat kamu ingin melakukan apply pekerjaan.

Tips memanfaatkan LinkedIn untuk karier yang profesional

3. Memperkuat bukti keterampilan

LinkedIn menyediakan fitur yang memungkinkan orang lain untuk memberikan penilaian serta rekomendasi mengenai keterampilan yang kamu miliki. Dengan begitu kamu bisa lebih memperkuat kredibilitas terhadap calon recruiter.

4. melakukan riset terhadap perusahaan

Jika kamu menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan, kamu bisa melakukan riset terhadap perusahaan yang ingin kamu apply. Selain itu kamu juga bisa memfollow perusahaan serta orang yang bekerja di sana.

Sehingga kamu bisa megetahui informasi mengenai perusahaan serta karyawan di dalamnya.

5. Bergabung dengan komunitas

Bergabung dalamam sebuah komunitas menjadi alternatif terbaik untuk kamu lakukan. Sehingga nantinya kamu bisa menemukan orang – orang dengan keahlian yang sama. Dengan begitu kamu akan mendapatkan berbagai informasi serta ilmu baru untuk mendapatkan pengalaman serta pengetahuan baru.


Kesimpulan

Itulah beberapa cara membangun dan memanfaatkan LinkedIn sebagai media profesional untuk membangun karir. Terutama jika kamu seorang fresh graduate, membuat akun LinkedIn merupakan keputusan terbaik agar kamu bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang profesional.***