6 Text Editor Gratis Terbaik untuk Pemrograman

Epic99.com – Text Editor gratis terbaik. Text editor nyatanya tidak hanya di gunakan untuk menulis dokumen saja seperti Microsoft Word ataupun Notepad. Bagi seorang programmer, text editor merupakan hal penting yang wajib di miliki. Bagaimana tidak, untuk membuat sebuah program, maka di butuhkan coding yang biasanya di tulis menggunakan text editor.

Sebenarnya ada banyak jenis text editor yang bisa di gunakan. Namun penggunaanya bergantung pada kenyamanan programmer itu sendiri. Hal tersebut di karenakan setiap text editor memiliki tampilan dan fitur yang berbeda – beda. Selain itu kamu bisa menggunakan text editor dalam versi gratis maupun berbayar.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai beberapa rekomendasi text editor gratis terbaik yang paling banyak di gunakan untuk programmer.

1. Notepad ++

Menjadi salah satu text editor yang paling populer dan banyak di gunakan. Notepad++ memiliki beragam fittur menarik di dalamnya yang terbilang lengkap untuk melakukan kegiatan koding. Selain itu, Notepad++ sendiri memberikan dukungan ke banyak bahasa pemrogramman. Dengan penggunaannya yang mudah, aplikasi yang satu ini terbilang sangat ringan dan kompatibel. Jika kamu masih pemula atau mahasiswa, aplikasi ini bisa menjadi rekomendasi terbaik yang bisa di gunakan. Terlebih kamu tidak harus berlangganan apapun untuk menggunakannya karena aplikasi ini gratis.

Download Notepad++

2. Visual Code Studio

Text editor yang satu ini merupakan besutan dari perusahaan raksasa yakni Microsoft. Selain itu aplikasi ini juga terbilang baru. Namun kelebihannya adalah di mana aplikasi ini memberikan dukungan terhadap hampir semua bahasa pemrograman mulai dari C#, C++, Java, HTML, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya itu saja, Visual Studio Code juga bisa di gunakan secara gratis di berbagai OS seperti Windows, MacOS, bahkan hingga linux.

Download Visual Studio Code

3. Sublime Text

Rekomendasi text editor lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Sublime Text. Di mana aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis. Dengan penggunaannya yang simple, Sublime Text memiliki tampilan yang dinamis dan lengkap dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Selain itu aplikasi ini juga mendukung penggunaan berbagai OS mulai dari Wiindows, MacOS, hingga Linux. Meskipun kamu bisa menggunakannya secara gratis, namun untuk versi yang lebih lengkap, maka kamu di haruskan untuk beerlangganan.

Download Sublime Text

4. Komodo Edit

Kamu bisa menggunakan Komodo Edit untuk melakukan kegiatan koding dan menjalankan program sekaligus menjadi alternatif yang juga di miliki oleh Sublime Text. Selain itu aplikasi ini memiliki beragam fitur dan terbilang menjadi aplikasi yang cukup ringan. Bahkan kamu bisa memilih tema yang sesuai dengan keinginan untuk tampilan pada Komodo Edit. Komodo Edit sendiri memberikan dukungan terhadap bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Python, Perl, Ruby, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aplikasi ini tersedia di berbagai OS mulai dari Windows, MacOS, dan Linux serta bisa di gunakan secara gratis.

Download Komodo Edit

5. NetBeans

Menjadi salah satu text editor yang gratis dan berbasis open source. Di mana kamu bisa mengembangkan program PHP, java, C++, dan berbagai bahasa pemrograman lainnya. Namun kebanyakan pengembang menggunakan text editor yang satu ini terutama pada bahasa pemrograman Java. Hal itu di karenakan tampilannya yang mudah di pahami serta bisa untuk menambahkan library pada program yang sedang di kembangkan.

Download Netbeans

6. Atom

Aplikasi text editor yang satu ini bersifat open source yang juga banyak di gunakan oleh berbagai kalangan programmer. Hal tersebut di karenakan berbagai fitur unggulan did alamnya yang terbilang cukup bisa diandalkan. Selain bisa di gunakan secara gratis, kamu bisa menggunakannya di berbagai OS yang berbeda.

Download Atom

Nah itulah beberapa rekomendasi text editor gratis terbaik yang bisa kamu gunakan. Selain itu sebaiknya untuk menggunakan text editor yang sesuai dengan kenyamanan penggunaan. Sehingga aktifitas koding bisa berjalan dengan menyenangkan. Pastikan juga menggunakan yang sesuai dengan kebutuhan.***