Penyebab dan Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di Semua Operator

Epic99.com – Penyebab dan Mengatasi kode MMI tidak valid. Mungkin sebagian dari kamu pernah mengalami kode MMI tidak valid. Terlebih saat sedang melakukan panggilan ke layanan operator seperti cek pulsa atau kuota. Jika kamu ingin mendapatkan informasi secara terburu-buru, tentu permasalahan kode MMI ini menjadi sangat mengganggu dan membuat kesal.

Kode MMI yang tidak valid bisa di atasi dengan beberapa cara. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir jika mendapatkan permasalahan ini. Selain itu kamu juga bisa mempraktekkannya di berbagai operator selular.

Simak beberapa tutorial di bawah ini untuk mengatasi permasalahan kode MMI yang tidak valid !

kode mmi tidak valid

Apa itu kode MMI?

Nah sebelum masuk pada pembahasan utama, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui apa itu kode MMI. Merupakan kode perintah yang terdiri dari kombinasi angka dan karakter seperti *123#. MMI sendiri merupakan singkatan dari Man Machine Interface yang biasanya di gunakan untuk mengecek pulsa, kuota, dan lainnya.

Selain itu kode MMI terbilang cukup praktis di gunakan untuk mendapatkan informasi dari operator. Sehingga meskipun sudah banyak aplikasi operator yang bisa di gunakan, namun kode MMI masih menjadi favorit bagi kebanyakan pengguna.

kode mmi tidak valid

Penyebab kode MMI tidak valid

Jika masalah timbul saat sedang melakukan panggilan menggunakan kode MMI, biasanya akan muncul pesan yakni “Kode MMI Tidak Valid”. Hal ini biasanya di sebabkan oleh beberapa hal seperti di antaranya adalah :

  • Masalah sambungan pada operator.
  • Jaringan yang tidak stabil.
  • Permasalahan pada sistem ponsel.
  • Operator jaringan yang sedang mengalami gangguan.

Secara umum penyebab masalah kode MMI yang tidak valid memang karena jaringan yang bermasalah. Baik dari sistem ponsel atau di sebabkan oleh provider yang kamu gunakan. Pastikan terlebih dahulu jaringan ponsel yang kamu miliki sudah stabil sebelum melakukan penggilan menggunakan kode MMI.

kode mmi tidak valid

Cara mengatasi kode MMI tidak valid

Nah setelah mengetahui apa itu kode MMI sekaligus penyebab terjadinya masalah tersebut. Selanjutnya hal yang harus di ketahui adalah bagaimana cara mengatasinya. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, permasalahan kode MMI tidak valid bukanlah permasalahan besar. Ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

Baca Juga:  Cara Ngeprint Dokumen Bolak-Balik di File Word dan PDF

Berikut beberapa cara yang bisa di lakukan saat mengalami masalah code MMI tidak valid :

  1. Cobalah untuk merestart ponsel terlebih dahulu. Selanjutnya cobalah untuk melakukan penggilan kembali menggunakan kode MMI.
  2. Pastikan kamu sudah memasukkan kode USSD dengan benar.
  3. Aktifkan mode pesawat dan tunggulah minimal 10 detik untuk selanjutnya kembali mengaktifkan jaringan seperti biasa.
  4. Atur ulang jaringan dengan masuk pada pengaturan > mobile network > network operators > search network.
  5. Hapus cache dengan masuk pada menu pengaturan > aplikasi > telepon > hapus cache.
  6. Ubahlah jaringan menjadi 3G untuk sementara waktu.
  7. Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menunggu jaringan hingga kembali stabil. Hal ini dikarenakan jika operator mengalami gangguan jaringan, maka pengguna tidak bisa melakukan apapun bahkan jika menghubungi customer service sekalipun.

Nah itulah beberapa cara yang bisa di praktekkan untuk mengatasi permasalahan MMI yang tidak valid. Meskipun permasalahan ini umum terjadi dan tidak terlalu mengganggu, namun jika ingin mendapatkan informasi secara mendesak, permasalah MMI yang tidak valid menjadi cukup mengganggu. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***