3 Cara Screenshot Layar di Perangkat Macbook dengan Mudah

Epic99.com – Screenshot di Macbook. Bagaimana pengguna MacBook melakukan screenshot? Tidak jarang pengguna Macbook itu sendiri merasa bingung. Terlebih lagi Macbook seringkali memiliki sistem yang berbeda dengan PC Windows pada umumnya. Seperti melakukan Screenshot, cara yang harus di lakukan juga berbeda dibanding dengan PC Windows atau Linux.

Macbook merupakan perangkat laptop milik Apple yang dilengkapi dengan beragam fitur menarik dan modern. Oleh karenanya, pengguna Macbook sendiri semakin hari semakin bertambah.

Nah pada artikel kali ini, kamu akan mendapatkan jawaban mengenai cara melakukan screenshot di perangkat Macbook. Simak ulasan berikut hingga akhir !

Cara ScreenShot di Macbook

Ada beberapa cara berbeda yang bisa kamu lakukan untuk mengambil tangkapan layar di Macbook. Semuanya bergantung pada bagaimana tangkapan yang kamu inginkan.

screenshot di Macbook

1. Mengambil Screenshot Layar Penuh

Jika ingin mengambil tangkapan layar penuh pada perangkat Macbook, langkah yang harus kamu lakukan cukup mudah yakni hanya dengan menekan tombol shortcut Shift + Command + 3 secara bersamaan.

Kemudian jika kamu melihat gambar kecil yang berada di sudut layar, maka kamu bisa klik untuk mulai melakukan editing. Namun jika tidak ingin melakukan editing, maka kamu hanya perlu menunggu hingga hasil tangkapan layar tersimpan.

2. Mengambil Screenshot Layar Sebagian

Berbeda dengan cara mengambil tangkapan layar penuh, kamu bisa mengambil tangkapan layar sebagian dengan tombol shortcut Shift + Command + 4 secara bersamaan. Selanjutnya tarik penunjuk bidik dan tentukan area yang di inginkan.

Kemudian untuk memindahkan area yang di pilih, maka kamu bisa klik dan tahan tombol spasi dengan tetap menarik penunjuk bidik. JIka ingin membatalkan pengambilan layar, klik Esc. Dan untuk mengambil tangkapan layar, maka kamu bisa lepas tombol mouse atau tauchpad.

Baca Juga:  Cara Mengganti Background Zoom di HP dengan Mudah dan Praktis

3. Mengambil Screenshot Layar Jendela atau Menu

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mengambil tangkapan layar Macbook adalah jika kamu ingin mengambil layar jendela saja. Cara yang harus di lakukan cukup mudah yakni dengan membuka jendela yang ingin di ambil tangkapan layar. Kemudian klik dan tahan shortcut Shift + Command + 4 + Spasi secara bersamaan.

Nantinya petunjuk akan berubah menjadi ikon kamera. Dan untuk membatalkan tangkapan layar, maka kamu bisa klik Esc.

screenshot di Macbook

Bagaimana mencari hasil tangkapan layar yang tersimpan?

Semua tangkapan layar akan tersimpan secara otomatis di dekstop pada perangkat Macbook. Untuk foldernya ada di Dekstop dengan nama “Tangkapan Layar [tanggal][waktu].png”. Selain itu kamu juga bisa mengubah lokasi penyimpanan default dengan membuka menu Aplikasi Jepretan Layar.

Selain itu pada Macos versi Mojave atau yang lebih baru, nantinya kamu bisa mengatur waktu sekaligus memilih lokasi penyimpanan sesuai dengan keinginan. Untuk membuka aplikasinya, kamu bisa klik Shift + Command + 5 secara bersamaan.

screenshot di Macbook

Penutup

Demikian beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengambil tangkapan layar pada perangkat Macbook. Hanya dengan menggunakan shortcut, kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan pihak ketiga. Hal ini di karenakan Macbook sendiri sudah menyediakan layanannya berupa aplikasi bawaan.

Kamu bisa mengambil tangkapan layar dengan langkah yang sesuai kebutuhan. Menariknya lagi, kamu masih bisa melakukan editing sebelum hasil gambar di simpan secara otomatis pada perangkat.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Cara Berjualan Online Agar Cepat Laku