Pengertian, Komponen, dan Contoh Internet of Things atau IoT

Epic99.com – Contoh Internet of Things. Kecanggihan teknologi saat ini sudah semakin kemana-mana. Sebagai pegiat teknologi, pernahkah kamu mendengar istilah IoT? Mari kita bahas bersama sebenarnya apa itu IoT.

Merupakan singkatan dari Internet of Things, IoT tidak lain adalah perangkat fisik yang terhubung pada jaringan internet maupun wirelles agar bisa bekerja secara fungsional. Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak alat canggih berbasis internet yang di hadirkan untuk memudahkan manusia.

Seperti contoh paling simpel adalah mobil remote yang sering di gunakan oleh anak-anak. Kemudian pada mobil canggih dengan fitur self driving dan virtual assistant seperti Siri.

Apa itu IoT?

Seperti pada penjelasan sebelumnya, IoT sendiri merupakan perangkat yang memanfaatkan jaringan wirelles maupun internet pada sistem di dalamnya. Selain itu biasanya sistem IoT bekerja dengan mengirimkan data atau transmisi melalui jaringan bahkan tanpa adanya campur tangan manusia.

Berdasarkan sejarahnya, IoT mulai ada sejak hadirnya teknologi wirelles dan internet. Seperti salah satu perangkat IoT yang di ciptakan pertama kali adalah pemanggang roti oleh John Romkey dan Simon Hacket tepatnya pada tahun 1989. Di mana mereka melakukan koneksi dari sebuah toaster ke internet.

Menariknya pada pemanggang roti tersebut bisa di nyalakan dan di matikan hanya melalui jaringan internet.

Kemudian pada tahun 1994, di ciptakan IoT lain oleh Steve Mann berupa WearCam. Lalu pada tahun 1997, Paul Saffo menemukan teknologi sensor yang bisa di gunakan di berbagai perangkat. Hingga tepatnya pada tahun 1999, Kevin Ashton membuat konsep Internet of Things atau yang lebih di kenal sebagai IoT dan populer hingga saat ini.

Manfaat Internet of Things

Sebenarnya apa manfaat dari IoT untuk kehidupan manusia? Salah satunya adalah untuk membuat proses konektivitas kinerja menjadi mudah. Hal ini di karenakan koneksi pada IoT akan bekerja lebih cepat dan praktis bahkan tanpa menggunakan kabel.

Selain itu IoT juga memanfaatkan teknologi canggih untuk memastikan koneksi jaringan bisa berjalan dengan lancar.

Manfaat lain pada penggunaan IoT adalah meningkatkan efisiensi kerja. Di mana dalam bisnis ataupun perusahaan, efektivitas produksi memang sangat di perlukan.

Komponen pada IoT

Bagaimana IoT tercipta? Tentu ada beberapa komponen yang menghadirkan IoT hingga bisa bermanfaat untuk manusia. Berikut ini beberapa komponen pada internet of things :

1. Artificial Intelligence

Merupakan komponen IoT yang tidak bisa di tinggalkan begitu saja, Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan berfungsi sebagai otak dalam sebuah perangkat. Di mana komponen ini memberikan kecerdasan pada sebuah sistem untuk bekerja sesuai dengan perintahnya.

2. Koneksi

Komponen penting lainnya dari IoT adalah koneksi, bayangkan saja bagaimana sebuah alat bisa menjalankan tugasnya tanpa terkoneksi dengan apapun. Koneksi dalam hal ini memunginkan sebuah IoT untuk bisa terhubung pada jaringan yang sudah di tentukan.

3. Sensor

Dalam bahasa manusia, sensor serupa dengan mata. Di mana sebuah sistem akan bekerja dengan baik setelah membaca perintah melalui sensor. Selain itu sensor juga bisa berupa pendengaran dan pergerakan.

4. Aktif

Sistem dalam IoT bisa bekerja secara maksimal jika dalam keadaan aktif. Tentu menjadi dasar pada perangkat jenis apapun. Seperti halnya smartphone yang tidak bisa di gunakan jika dalam keadaan off.

5. Ringkas

Semakin canggih sebuah sistem IoT biasanya memiliki bentuk yang lebih kecil dan ringkas. Maka tidah heran jika seiring perkembangan zaman saat ini semua alat di ciptakan dalam ukuran yang lebih kecil.

Contoh Internet of Things

Tanpa di sadari, kehidupan saat ini tidak terlepas dengan penggunaan teknologi IoT. Dalam aktivitas sehari-hari, ada beberapa contoh IoT yang sering di temukan seperti diantaranya adalah :

  • IoT dalam bentuk energi
    Bisa di temukan dari wirelles charging, menggunakan sensor untuk bisa mengisi daya sebuah perangkat tanpa menggunakan kabel.
  • IoT berbentuk transportasi
    Mobil pintar yang selalu di gemborkan. Di mana hadir sistem autopilot yang bisa membaca sensor trafik jalan. Memungkinkan penumpang untuk sampai dilokasi tujuan tanpa driver.
  • IoT identifikasi alam
    Akan sangat mudah untuk pengguna bisa mengetahui suhu dan curah hujan hanya melalui smartphone. Hal tersebut masuk dalam salah satu contoh IoT yang mampu mengidentifikasi cuaca alam.

Demikian penjelasan mengenai apa itu IoT, manfaat, komponen, sekaligus contohnya yang harus diketahui. Dalam mempelajari sistem IoT, hal paling dasar yang harus dikuasai adalah pemanfaatan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Baca Juga :

***