Cara Mengatasi Fastboot Berbagai Jenis HP

Cara Mengatasi Fastboot – Bingung bagaimana cara keluar dari mode Fastboot Xiaomi dengan cepat? Jangan khawatir, Anda dapat menyelesaikannya dengan cepat.

Seperti yang diketahui, mode fastboot Xiaomi digunakan untuk rooting, flashing, pemasangan, atau pemutakhiran sistem. Namun, terkadang mode ini muncul secara tidak sengaja atau karena gangguan sistem ponsel. Sangat mudah untuk keluar dari mode fastboot Android pada HP Xiaomi. Lihat penjelasan Jaka berikut untuk menjawab pertanyaan Anda tentang apa itu fastboot xiaomi dan apakah bisa hilang sendiri.

Apa penyebab ponsel masuk ke mode fastboot?

Apa yang membuat saya masuk ke mode fastboot Xiaomi? Ada kemungkinan bahwa Anda masuk ke mode fastboot secara tidak sengaja dengan menekan tombol Power dan Volume Down ketika HP baru dinyalakan. Namun, ada kemungkinan lain bahwa ponsel Xiaomi dapat masuk ke mode fastboot meskipun Anda tidak menekan tombol Volume Down sama sekali. Berikut beberapa kemungkinan:

Gagal memuat ROM/Firmware Android (MIUI) sehingga dialihkan ke mode fastboot. Selain itu, tidak mungkin untuk mengupdate ROM atau MIUI baru atau melakukan akses rooting. Flashing tidak berhasil atau berhenti di tengah jalan. Problem dengan mengisi daya ponsel, dll.

Hanya teknisi dan developer yang biasanya menggunakan mode Fastboot. Kok pengguna biasa bisa mengaktifkan mode ini tiba-tiba? Berapa lama proses fastboot Xiaomi?

Sebetulnya, ada banyak alasan aktifnya mode ini. Pertama dan terpenting, Anda mungkin menekan Tombol Volume Down (-) secara tidak sengaja saat menyalakan smartphone Xiaomi atau Redmi Anda. Sebagai penyebab kedua, tombol Volume Down (-) selalu tertekan karena rusak. Terakhir, firmware mengalami brick.

1. Mengatasi Fastboot Xiaomi via Komputer

Jika metode sebelumnya untuk membuka fastboot Redmi tidak berhasil, Anda dapat mencoba metode lain dengan menggunakan komputer dan menjalankan perintah di Menu Perintah (CMD).

Cara ini dianggap berhasil dan aman, tetapi sebelum melakukannya, pastikan data Driver ADB Fastboot ada di laptop Anda. Ini adalah prosedurnya:

Klik kanan pada file Fastboot ADB dan pilih Extract Here untuk membuka folder Fastboot. Hubungkan ponsel Xiaomi ke komputer dengan kabel data. Pada folder Fastboot ADB, klik kanan dan pilih Prompt Perintah Windows Ini. Prompt Perintah akan muncul, ketikkan perintah fastboot devices dan tekan Enter. Ketikkan perintah fastboot reboot dan tekan Enter. Tunggu hingga proses restart ponsel Xiaomi selesai.

2. Mengatasi Fastboot Xiaomi Dengan Tombol Fisik

Tidak ada metode khusus untuk keluar dari mode fastboot ponsel Xiaomi. Anda hanya perlu mematikan atau merestart ponsel.

Untuk merestart ponsel, tekan tombol Power selama beberapa saat dan tekan lagi selama beberapa saat hingga muncul logo MI Xiaomi. Tunggu sampai ponsel kembali ke menu utama.

Ketika berada dalam mode fastboot, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down selama beberapa saat. Tunggu hingga ponsel menyala dan logo MI muncul, lalu tunggu sampai kembali ke menu utama.

Baca Juga :

***