Cara Mudah Cek Saldo Token Listrik di HP

Cara cek Saldo Token Listrik di HP – Hampir semua orang di abad ini membutuhkan listrik. Namun, tidak jarang masyarakat menunggak tagihan dan akhirnya dikenakan denda yang besar. Ada berbagai alasan mengapa orang menunggak; beberapa mungkin lupa, sementara yang lain mungkin karena mereka tidak memiliki cukup uang untuk membayar pada tanggal jatuh tempo. Untuk menghindari penunggakan, PLN menawarkan Listrik Pintar, yang menggunakan sistem prabayar dan menggunakan token. Cek sisa token PLN secara online juga mudah dan praktis.

Cara cek Saldo Token Listrik di HP

Anda sebenarnya dapat mengecek sisa token melalui meteran listrik; namun, jika Anda lebih suka melakukannya secara online, ikuti cara-cara berikut:

1. Melalui aplikasi PLN Mobile

  • Download aplikasi PLN Mobile di App Store atau Google Play Store.
  • Buka aplikasi PLN Mobile dan isi semua data diri dengan benar dan lengkap, termasuk ID pelanggan PLN yang terdiri dari 11 hingga 12 digit.
  • Lanjutkan ke proses verifikasi.
  • Setelah proses pendaftaran dan verifikasi selesai, login kembali dengan email dan password yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Setelah selesai, cek sisa token listrik.

2. Melalui situs resmi PLN

  • Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang kuat.
  • Kemudian, kunjungi situs web resmi PLN di sini: https://www.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik.
  • Isi semua informasi pribadi dengan benar, termasuk ID pelanggan PLN yang terdiri dari 11 hingga 12 digit.
  • Setelah Anda menyelesaikan proses verifikasi, gunakan email dan password yang telah Anda buat untuk mendaftar dan terverifikasi.
  • Klik Masuk. Setelah Anda menyelesaikan proses ini, Anda dapat mengecek.

Perbedaan token listrik Prabayar dan Pascabayar

Perbedaan antara prabayar dan pascabayar listrik terletak pada waktu pembayaran. Seperti namanya, “pra” berarti sebelum dan “pasca” berarti sesudah.

Artinya, jika Anda ingin menggunakan listrik prabayar, Anda harus membayar atau membeli voucher terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya. Misalnya, jika Anda membeli voucher sebesar 100 ribu Rupiah, Anda hanya dapat menggunakan listrik sebesar nominal tersebut; jika voucher habis, listrik akan otomatis mati dan Anda harus mengisinya kembali.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan pascabayar, Anda harus memperhitungkan jumlah tagihan bulanan Anda, sehingga Anda dapat menggunakan listrik sesuka hati Anda. Penggunaan listrik kadang-kadang meningkat ketika lepas kontrol, yang mengakibatkan tagihan yang lebih tinggi.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek sisa token listrik dengan mudah di HP. Selamat mencoba !!!

Baca Juga :

***