Advertisements
anime detektif conan

Anime memang menjadi salah satu kultur Jepang yang sudah mendarah daging pada masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis anime, mulai dari anime romantis sampai fiksi sains. Tak ketinggalan, ada anime detektif yang tidak boleh kamu lewatkan.

Anime detektif memiliki berbagai jenis cerita yang berbeda, tetapi konsepnya selalu sama, yaitu menyelesaikan sebuah kasus misterius. Ada yang memiliki kemampuan khusus, ada juga yang punya kemampuan analisis yang tajam.

Seri detektif memang telah menjadi suatu hal yang menarik untuk disaksikan, terutama bagi para pencinta misteri. Dalam kebanyakan seri detektif, kita akan bertualang bersama sang detektif untuk memecahkan sebuah kasus misteri dan menentukan siapa yang bersalah di kasus tersebut.

Kisah mengenai detektif tidak hanya terdapat pada novel, film, atau seri TV saja, namun manga dan anime juga memiliki segudang kisah tentang detektif yang pastinya seru untuk kamu ikuti.

Beberpa anime detektif yang menarik adalah:

1. Detective Conan

detektif conan

Detective Conan merupakan serial yang diproduksi sejak 1996 silam dan masih menjadi kisah detektif yang banyak digemari. Menceritakan sosok Shinichi Kudo, siswa sekolah menengah ini memiliki kemampuan menjadi detektif.

Kisahnya bermula saat Shinichi melihat dua orang mencurigakan, lalu ia memutuskan untuk mengikuti mereka. Ia secara tidak sengaja menjadi saksi kejahatan. Sayangnya, ia ketahuan, sehingga para penjahat itu memberinya obat percobaan oleh organisasi kriminal mereka. Bukan membuatnya mati, tetapi obat itu malah membuat tubuhnya berubah menjadi seorang anak berusia tujuh tahun.

Shinichi menyembunyikan identitas aslinya dari semua orang, termasuk teman masa kecilnya Ran Mouri dan ayahnya, Kogoro Mouri seorang detektif swasta. Ia mengganti namanya menjadi Conan Edogawa.

Bersama dengan teman-teman kecilnya, Detektif Conan mulai secara diam-diam menyelesaikan kasus-kasus senior Mouri dari balik layar dengan keahliannya yang luar biasa.

2. Death Note

death note anime detektif

Death Note adalah seri detektif terbaik yang pernah ada. Seri karya Tsugumi Ohba oleh Takeshi Obata ini menceritakan tentang seorang remaja genius bernama Light Yagami, yang secara tidak sengaja menemukan sebuah buku misterius bernama Death Note.

Rupanya, Death Note bukanlah buku biasa. Buku ini adalah buku milik Shinigami (Dewa Kematian) yang di gunakan untuk mencabut nyawa manusia. Death Note memiliki kekuatan supranatural. Adapun, pemilik buku ini dapat membunuh siapa saja hanya dengan menulis nama korbannya di buku tersebut.

Dengan kekuatan yang mengerikan di tangannya, Light berencana untuk menjadi Tuhan di dunia baru dengan menyingkirkan para penjahat.

3. Black Butler Kuroshitsuji

black butler

Ketika ada yang mengatakan anime detektif, mungkin kalian nggak akan berpikir kalau Kuroshitsuji jadi salah satunya. Itu karena anime ini lebih mengarah ke shonen dibanding misteri. Pada dasarnya ini merupakan cerita Ciel yang berjanji memberikan jiwanya pada Sebastian. Sebagai gantinya Sebastian harus menemukan dan menghukum orang yang telah membunuh keluarga Ciel.

Padahal jika di telusuri lagi, Sebastian telah memecahkan banyak misteri dari berbagai kasus. Karena itu Kuroshitsuji juga bisa terkategorikan sebagai anime detektif yang perlu kamu tonton.

4. Terror In Resonance

anime detektif

Anime ini menceritakan dua anak muda bernama Twelve dan Nine yang melakukan tindak kriminal demi mencari perhatian publik dan pihak berwajib. Uniknya, mereka berdua merupakan protagonis di anime ini. Sepanjang cerita, anime ini menampilkan adegan kerjaran mereka berdua dan seorang detektif bernama Shibazaki.

Yang menarik adalah alasan kedua anak muda ini menghancurkan kota sendiri. Kalian akan menemukan plot twist yang bikin geleng-geleng kepala di akhir cerita.

Itulah beberapa anime detektif terbaik yang layak kamu tonton.

By Mita