Epic99.com – Membeli HP di Black Market. Pernahkah kamu mendengar hp black market? Di mana kamu akan mendapatkan hp dengan harga yang murah dan bersaing. Namun sebelum membelinya, pastikan kamu sudah mengetahui apa saja resiko yang akan di dapatkan saat membeli hp black market.

Berikut ulasannya !

Resiko membeli hp black market

Black Market merupakan istilah toko pasar gelap yang biasanya menjual barang ilegal. Sebenarnya tidak hanya HP saja, banyak barang yang di jual di pasar gelap dengan harga miring untuk lebih menarik pembeli.

membeli hp di black market

Jika berminat membeli HP di Black Market, berikut ini beberapa resiko penggunaan yang kemungkinan akan kamu dapatkan :

1. Tidak mendapatkan garansi

Membeli hp di black market beresiko tidak mendapatkan garansi. Oleh karena itu penting untuk kamu lebih berfikir ulang untuk membelinya. Perihal garansi sendiri biasanya terdapat beberapa jenis garansi yang harus kamu ketahui sebagai berikut :

  • Garansi resmi yang di sediakan oleh perusahaan HP.
  • Garansi distributor yang di berikan oleh distributor.
  • Garansi toko yang di berikan oleh toko.

Dengan adanya garansi, HP yang kamu beli akan lebih terjamin terlebih jika terdapat beberapa kerusakan saat penggunaan.

2. Sparepart hp tidak terjamin

Resiko lainnya yang kemungkinan akan kamu dapatkan saat membeli hp di black market adalah sparepart yang tidak terjamin keasliannya. Hal ini di karenakan hp BM alias black market akan mengalami rekondisi terlebih dahulu sebelum akhirnya di jual kembali.

membeli hp di black market

Sehingga jika sparepart yang di gunakan tidak asli, tentu akan lebih cepat rusak dan tidak seimbang dengan performa hp yang di gunakan.

3. Harga turun jauh

Jika kamu membeli hp black market, memang harga hp yang di dapatkan akan jauh lebih murah di bandingkan dengan harga aslinya. Namun hal itu tentu akan berpengaruh pada harga hp saat penjualan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Video di Google Drive yang Tidak Bisa Diputar

Misalkan jika kamu ingin menjualnya kembali, tentu harga yang di dapatkan akan lebih murah dari harga standar. Hal ini di karenakan banyak pengguna yang kurang berminat untuk menggunakan hp black market.

Tidak hanya itu saja, hp black market juga rentan akan kerusakan. Tidak ada yang bisa menjamin keawetan penggunaan ponsel sehingga usia penggunaan cenderung lebih pendek.

4. Kemungkinan terblokir

Resiko lainnya yang harus lebih di perhatikan dari penggunaan hp black market adalah kemungkinan terjadinya pemblokiran IMEI. Biasanya hp black market tidak terdaftar IMEI di Kemenperin. Terlebih lagi adanya peraturan baru dari pemerintah mengenai keberadaan ponsel ilegal yang salah satunya adalah pembelian dari black market.

membeli hp di black market

Jika ponsel atau HP tidak terdaftar IMEI di Kemenperin, tentunya kamu tidak bisa menggunakan kartu seluler di dalamnya. Dengan begitu untuk tetap bisa menghubungkan ponsel ke internet, kamu akan membutuhkan akses dari wifi.

Untuk membuktikan keasliannya, kamu bisa memeriksa IMEI ponsel melalui situs resmi Kemenperin dengan mudah secara online.


Penutup

Nah itulah beberapa resiko yang mungkin akan kamu dapatkan saat membeli ponsel murah di Black market. Sebagai informasi tambahan, hp murah yang dijual di black market termasuk dalam hp ilegal dan tidak resmi.

Untuk itu sebagai pengguna, ada baiknya untuk kamu bisa lebih mengantisipasi pembelian hp di black market. Akan lebih baik jika kamu membeli HP second tapi yang sudah berstatus resmi agar lebih terjamin mengenai keamanan dan performanya.

Baca Juga :

Baca Juga:  9 Situs Terbaik Untuk Membuat CV dan Portfolio : Jobseeker Harus Tau !

***