8 Cara Membuat Anime Dasar untuk Pemula

Epic99.com – Cara membuat anime dasar. Anime merupakan kartun asal Jepang yang cukup populer hingga mendunia. Banyak wibu atau sebutan bagi fans anime yang mengkoleksi beragam mainan hingga gambar yang berhubungan dengan anime.

Nah berbicara mengenai gambar anime, bukan hal mudah untuk kamu bisa membuatnya. Terlebih lagi anime sendiri memiliki banyak ekspresi yang harus di ketahui.

Jika tertarik untuk menggambar anime, berikut ini beberapa langkahnya agar bisa di praktekkan !

Cara menggambar anime untuk pemula

Membuat anime harus di ikuti dengan beberapa langkah dan di lakukan step by step.

Langkah 1, membuat garis

Dalam membuat anime, garis menjadi hal penting yang harus di pelajari. Bukan sekedar garis, pastikan kamu membuat garis yang sesuai dan percaya diri. Selain itu jangan terlalu sering menghapus garis yang sudah di buat. Buatlah garis sesering mungkin agar tangan menjadi lebih terbiasa.

Langkah 2, latihan dasar

Latihan dasar dalam membuat anime di mulai dari bentuk geometri dasar. Di mana untuk kamu ketahui, geometri dasar biasanya di gunakan dalam pembuatan sketsa awal desain sebuah karakter. Gemetri dasar yang harus di kuasai untuk membuat anime adalah bentuk persegi, segitiga, dan lingkaran.

Langkah 3, membuat sketsa kepala

Dalam membuat anime, usahakan untuk membuat sketsa kepala terlebih dahulu di bandingkan dengan ubuh lainnya. Selain itu kamu bisa menggunakan grid atau garis bantu kotak untuk memudahkannya. Tips yang harus di perhatikan yakni dengan membuat sketsa menggunakan garis tipis saja. Hal ini bertujuan agar pensil tidak meninggalkan bekas di kertas.

Langkah 4, membuat bagian di wajah

Bagian pada wajah terdiri dari mata, alis, hidung, dan mulut. Langkah ini terbilang cukup krusial karena akan menentukan bagaimana ekspresi anime yang di hasilkan. Kamu bisa menyesuaikan goresan pensil dengan ekspresi anime. Selain itu di sarankan untuk menggunakan grid untuk membuat sketsa wajah.

Langkah 5, desain rambut

Tidak hanya sketsa wajah, rambut juga biasanya menentukan karakter anime. Selain itu dari rambut juga kamu akan tahu gender anime yang ingin di buat. Untuk tips awalnya dalam membuat rambut, gunakan garis tipis agar rambut yang di hasilkan tidak kaku.

Langkah 6, mulai dengan membuat leher dan bahu

Langkah berikutnya yang harus di lakukan setelah membuat bagian kepala anime secara lengkap adalah dengan membuat leher dan bahu. Nah untuk kamu ketahui, biasanya leher anime pria akan lebih lebar dan pendek jika di bandingkan dengan perempuan. Kamu bisa memulai dengan menarik garis ke bawah untuk menghasilkan rahang kanan dan kiri agar leher menjadi terbentuk.

Langkah 7, model pakaian

Biasanya pakaian dalam anime memiliki ciri yang berbeda-beda. Nah untuk itu penting juga membuat model pakaian yang sesuai dengan anime yang di inginkan. Misalkan jika kamu ingin membuat anime sesuai profesinya sebagai dokter, maka kamu harus membuat pakaiannya serupa dengan dokter.

Langkah 8, menentukan outline dan warna

Outline dalam membuat anime akan memberikan efek tebal maupun tipis pada objek. Dengan begitu nantinya objek yang di buat akan menghasilkan karakter. Outline sendiri berupa garis tipis yang biasanya di buat menggunakan ujung pensil.

Setelah menentukan outline, langkah terakhir yang harus di lakukan adalah dengan memberikan warna pada anime yang di buat. Sebaiknya memilih warna yang sesuai dengan yang ada di dunia nyata.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa di praktekkan dalam membuat anime dasar untuk pemula. Meskipun terkesan mudah dalam hal teori, namun nyatanya praktek membuat anime tidak semudah yang dibayangkan. Kunci agar anime terlihat seperti asli adalah dengan rutin belajar.

Baca Juga :

***