5 Rekomendasi Aplikasi Parafrase Online Gratis

Epic99.com – Aplikasi parafrase online gratis. Parafrase merupakan cara di mana kamu bisa menyatakan kembali ide yang sebelumnya sudah di ungkapkan oleh orang lain dalam bentuk baru. Jika kamu adalah penulis, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah pararase. Memungkinkan kamu untuk menulis sesuatu dengan kata sendiri namun dengan konsep asli baik berdasarkan buku atau sumber penelitian lain.

Dengan kata lain, parafrase sama artinya dengan kamu mendengarkan cerita dari A kemudian menceritakannya kepada si B dengan kata-kata yang berbeda.

Fungsi Parafrase

Secara umum ada beberapa fungsi parafrase yang bisa di manfaatkan untuk penulisan sebuah karya seperti di antaranya adalah :

  • Meminimalisir plagiarisme.
  • Membuat sebuah kalimat menjadi lebih kompleks dan mudah dipahami.
  • Kamu bisa mengubah kalimat yang panjang menjadi lebih pendek dan efisien.

Teknik Parafrase

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari parafrase, hal lain yang harus di ketahui adalah mengenai teknik dari parafrase. Kamu bisa menulis ulang atau melakukan parafrase kalimat dengan beberapa teknik seperti :

1. Menggunakan persamaan atau sinonim

Merupakan salah satu teknik yang paling dasar dalam melakukan parafrase yakni dengan menggunakan persamaan atau sinonim kata. Namun sebaiknya untuk kamu mengetahui penggunaan sinonim yang paling tepat alias mirip.

2. Mengubah urutan kata atau kalimat

Teknik parafrase lainnya yang sering di gunakan adalah dengan mengubahh urutan kata atau kalimat. Selain itu bisa jadi kamu juga melakukan penambahan atau pengurangan kata jika memang di butuhkan.

3. Mengubah bentuk kata

Mengubah bentuk kata dalam parafrase di sini maknanya adalah jenis kata yang berbentuk verba, adjektiva, adverbia, dan lainnya. Untuk membuat makna kalimat tetap sama dan tidak melanggar tata bahasa, kamu bisa mengubah, menambahkan, atau bahkan menghilangkan bentuk kata tertentu.

Baca Juga:  8 Emulator Android Terbaik Untuk PC yang Ringan dan Cepat

4. Mengubah kalimat aktif dan pasif

Merupakan teknik yang bisa di manfaatkan dalam penulisan parafrase. Dalam setiap kalimat tentunya terdiri dari subjek, kata kerja, dan objek. Kamu bisa mengubah kalimat yang semula aktif menjadi pasif dan begitupun sebaliknya.

Rekomendasi aplikasi parafrase online

Masuk pada pembahasan utama mengenai aplikasi parafrase. Memudahkan kamu untuk menulis ulang sebuah karya bahkan dengan proses yang cepat. Aplikasi parafrase sendiri merupakan layanan yang memungkinkan kamu untuk mengedit teks dengan hasil kata berbeda namun dengan makna yang sama.

Adapun beberapa aplikasi parafrase yang bisa di manfaatkan yakni :

1. Prepostseo

aplikasi parafrase online gratis

Rekomendasi aplikasi parafrase online yang tidak kalah populer adalah Prepostseo. Situs ini seringkali di gunakan oleh Blogger untuk melakukan optimasi website. Ada beragam teks yang bisa di lakukan parafrase menggunakan situs ini termasuk bahasa Indonesia.

Kunjungi situs Prepostseo

2. Seomagnifer

aplikasi parafrase online gratis

Memungkinkan kamu untuk melakukan parafrase beragam kalimat mulai dari artikel, tugas, riset, bahkan hingga konten. Menariknya lagi Seomagnifer sudah mendukung bahasa Indonesia.

Kunjungi Seomagnifer

3. Paraphrasing-tool

aplikasi parafrase online gratis

Situs yang satu ini bisa di gunakan untuk melakukan parafrase. Paraphrasing tool di klaim mampu manampung hingga maksimal 10 ribu kata. Selain cara penggunaannya yang mudah, Paraphrasing tool juga bisa di gunakan secara gratis.

Kunjungi situs Paraphrasing tool

4. Plagiarisma

plagiarisma

Menjadi salah satu tools online yang cukup populer dan banyak di gunakan. Plagiarisma bahkan bisa gunakan untuk menulis ulang artikel dalam bentuk bahasa Inggris. Selain itu cara penggunannya juga cukup mudah yakni dengan masuk pada situs lalu copy teks yang ingin di parafrase, kemudian terkahir klik Rewrite Article.

Kunjungi situs Plagiarisma

5. Rewritertools

Rewritertools

Situs ini bisa di gunakan untuk melakukan parafrase secara online. Hanya saja meskipun gratis dan mudah di gunakan, Rewritertools baru bisa berfungsi untuk menulis ulang artikel bahasa Inggris saja dan belum support bahasa Indonesia.

Baca Juga:  7 Tools Meningkatkan SEO Youtube Untuk Pemula

Kunjungi Rewritertools

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi parafrase online gratis yang bisa di gunakan. Dengan memanfaatkan parafrase online, kamu tidak perlu mendownload aplikasi terlebih dahulu.

Baca Juga :

***