Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Menulis di Laptop

Aplikasi untuk menulis di laptop – Apakah Anda tipe orang yang suka melupakan peristiwa atau kejadian menarik yang pernah Anda alami?

Journaling atau penjurnalan merupakan suatu kegiatan yang selalu dapat mengingatkan anda akan suatu peristiwa yang dapat menjadi peristiwa yang sangat menarik dalam hidup anda, seperti kesuksesan, kegagalan, kesedihan, dan lain sebagainya.

Diary dapat membantu Anda mengingat apa yang telah Anda pelajari, jalani, catat kisah hidup dan melihat proses apa saja yang telah Anda lalui sebelumnya. Dulu, untuk menulis diary tentunya harus menggunakan buku dan pulpen. Namun kini Anda bisa menulis secara digital. 

Aplikasi menulis di laptop

Dengan hadirnya banyak teknologi canggih saat ini, penulisan majalah kini bisa di lakukan secara digital. Anda dapat menulis catatan harian di PC ke ponsel cerdas Anda.

Tidak hanya dapat di gunakan untuk menulis, Anda juga dapat merekam audio dan menambahkan gambar di dalamnya agar Anda lebih mengingat peristiwa yang terjadi. 

1. Evernote

Merujuk pada aplikasi menulis, anda pasti mengetahui aplikasi Evernote. Aplikasi ini adalah aplikasi pencatatan yang sangat populer dengan ikon gajah dengan latar belakang hijau. Fitur yang di milikinya juga sangat lengkap. Aplikasi Evernote tersedia di sistem operasi iOS, Android, Windows, macOS, dan web apa pun, sehingga Anda dapat mengaksesnya di mana saja.

Evernote mendukung berbagai macam teks, gambar, PDF dan format dokumen lainnya, klip audio dan video serta catatan tulisan tangan yang di pindai dapat disimpan ke buku catatan Evernote Anda. Anda dapat mendaftar untuk Plus ($3,99/bulan) atau Premium ($7,99/bulan). Anda juga dapat mencari teks dalam dokumen atau gambar.

Selain menikmati fitur premium, Anda juga bisa menggunakan fitur gratis, namun paket gratis yang di tawarkan sangat terbatas. Anda tidak dapat menyimpan catatan secara offline ke perangkat seluler, menyinkronkan dengan dua perangkat atau lebih, atau mengunduh catatan yang lebih besar dari 60MB per bulan. 

2. Microsoft OneNote

OneNote, produk Microsoft, adalah pesaing paling serius dan penting dari aplikasi Evernote. Aplikasi OneNote juga tersedia di berbagai platform dan dapat menangani hampir semua konten.

Aplikasi OneNote berbeda dari Evernote karena aplikasi ini di mulai dengan tampilan kanvas kosong. Kemudian Anda bisa menulis dan mengklik di mana saja, misalnya di selembar kertas, Anda bisa membuatnya tidak terstruktur, membuat peta pikiran dan lain sebagainya.

Fitur terbaik dari aplikasi OneNote adalah AudioSync banyak di gunakan oleh siswa dan mereka yang rutin mengadakan pertemuan. Fitur gratis aplikasi OneNote lebih murah di bandingkan Evernote. Anda selalu dapat melakukan sinkronisasi dengan berbagai perangkat yang Anda miliki, Anda juga dapat menyimpan catatan Anda secara offline di perangkat seluler, dan Anda selalu dapat mengunduh beberapa catatan per bulan.

Dengan $6,99/bulan, Anda dapat berlangganan Microsoft Office 365, menghadirkan fitur tambahan ke OneNote, dan mendapatkan rangkaian Office lengkap. juga memberi Anda seluruh paket Office. 

3. PaperStreet Journal

PaperStreet Journal adalah aplikasi penjurnalan gratis untuk PC atau laptop namun juga dapat di gunakan pada smartphone yang menjalankan Windows 10. Anda dapat menggunakan dua jenis entri yaitu tulisan dan visual, namun Anda tidak dapat menggabungkan keduanya. Anda juga dapat menyimpan log secara lokal dalam format PNG dan RTF.

Aplikasi PaperStreet Journal seperti aplikasi lainnya menyediakan kata sandi atau kode sandi untuk melindungi jurnal Anda. PaperStreet Journal juga dapat mengubah entri ucapan menjadi teks dan juga memiliki fitur pemeriksa ejaan. 

Baca Juga :

***