Cara Menyambungkan HP ke Proyektor untuk Presentasi & Nonton

Menyambungkan HP ke proyektor memungkinkan Anda menonton film favorit Anda. Saat ini, Anda dapat melakukan semua hal di rumah. Jika kita tidak dapat menonton film di bioskop, kita bisa melakukannya dari rumah. Menonton film dengan layar yang lebih besar daripada layar HP kita tentu memiliki daya tariknya sendiri. Membeli kursi yang sama di bioskop bukanlah satu-satunya cara untuk menonton bioskop dari rumah.

Jika Anda menonton dari rumah, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli popcorn dan makanan ringan lainnya. Anda dapat makan dan minum sebanyak yang Anda inginkan. Apakah itu terdengar menarik? Anda hanya perlu menyiapkan proyektor, HP atau smartphone, dan kabel yang sudah ada di rumah Anda. Anda dapat melakukannya dengan mudah, tenang saja. Untuk mulai mengaplikasikannya, perhatikan langkah-langkah berikut.

Cara Menyambungkan HP ke Proyektor

1. Gunakan kabel HDMI dan Smart TV atau Laptop

Jika Anda tidak memiliki adapter USB type-c atau MHL, Anda tetap dapat menonton film kesukaan Anda di Smart TV atau Laptop Anda dengan kabel HDMI. Kabel HDMI tidak hanya dapat di sambungkan ke HP, tetapi juga dapat disambungkan ke Smart TV atau Laptop Anda.

Untuk menyambungkannya ke Smart TV, Anda harus memilih dan mengaktifkan fitur “Smart View” pada HP Anda, kemudian Anda juga harus mengaktifkan fitur yang sama pada Smart TV Anda. Setelah HP dan TV Anda terhubung, Anda dapat melihat layar HP Anda di layar TV Anda. Untuk menayangkannya ke proyektor, Anda hanya perlu menghubungkan kabel HDMI ke proyektor dan Smart TV.

Untuk menyambungkannya ke laptop, Anda dapat melakukan hal yang sama seperti menyambungkan TV Anda dengan HP. Nyalakan fitur Wi-di (Wireless Display) pada HP dan Laptop Anda. Setelah keduanya terhubung, Anda dapat mulai menghubungkan proyektor dan laptop Anda dengan kabel HDMI.

Anda hanya perlu memilih film apa yang ingin Anda tonton setelah semua perangkat terpasang dengan benar dan Anda dapat memulai menikmati sensasi bioskop dari kenyamanan rumah Anda.

2. Gunakan adapter dan kabel HDMI.

Untuk menghubungkan HP Anda ke proyektor, siapkan adapter USB type-c dan kabel HDMI. Kabel HDMI, juga di kenal sebagai High Definition Multimedia Interface, memungkinkan transfer gambar dan audio dari satu perangkat ke perangkat lain. Setelah semua siap, hubungkan satu sisi kabel HDMI ke proyektor dan sisi lain ke adapter USB type-c, lalu hubungkan sisi lain dari adapter ke smartphone Anda.

Anda dapat menggunakan adapter MHL (Mobile High-Definition) untuk menghubungkan HP Anda dengan smartphone Anda jika HP Anda masih menggunakan USB micro-type. Setelah semua kabel di pasang sesuai tempatnya, Anda dapat memilih channel HDMI yang telah di sambungkan dengan HP Anda sebelumnya. Setelah itu, Anda sudah terhubung dan dapat menonton film kesukaan Anda di rumah.

3. Gunakan Fitur Wireless Display

Wireless Display berfungsi sebagai penghubung antara HP dan perangkat lain yang ingin Anda hubungkan. Sesuai namanya, fitur ini dapat menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lain tanpa menggunakan kabel, seperti menghubungkan HP Anda dengan WiFi atau Bluetooth.

Untuk menghubungkan HP Anda dengan proyektor, Anda hanya perlu menyalakan fitur “Smart View” pada HP dan proyektor. Ini adalah cara yang sama untuk menghubungkan HP Anda dengan Smart TV dan Laptop. Anda dapat menonton film kesukaan Anda segera setelah terhubung.

Baca Juga :

***