Penyebab dan Mengatasi Masalah Penangguhan Peserta BPJS

Penangguhan Peserta BPJS – Sebagian besar orang memilih BPJS Kesehatan daripada asuransi kesehatan lainnya karena biayanya yang lebih murah.

Sebenarnya, BPJS Kesehatan adalah program asuransi kesehatan yang di berikan kepada seluruh warga Indonesia oleh pemerintah, dan tentu saja program ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Seperti yang di sebutkan sebelumnya, banyak orang Indonesia memilih asuransi kesehatan ini karena harganya yang lebih murah.

Keunggulan BPJS Kesehatan

1. Tidak Membutuhkan Medical Check Up

Anda tidak perlu menjalani pemeriksaan medis untuk mendaftar BPJS Kesehatan. Ini adalah keuntungan BPJS Kesehatan jika di bandingkan dengan asuransi lain yang menawarkan layanan pemeriksaan medis.

2. Terjamin Seumur Hidup

Berbeda dengan asuransi swasta yang hanya dapat melindungi seseorang hingga berusia 100 tahun, jaminan sosial pemerintah ini berani menanggung perlindungan kesehatan seumur hidup.

3. Bisa untuk Semua Usia

Berbeda dengan asuransi swasta, BPJS Kesehatan memungkinkan Anda mendaftar di usia berapa pun tanpa mempertimbangkan riwayat penyakit Anda. Salah satu keuntungan lainnya adalah Anda dapat mendaftarkan bayi yang masih di dalam kandungan.

4. Kemudahan Akses

Anda sekarang dapat mendaftar dan mengubah data Anda secara online melalui situs web BPJS Kesehatan atau aplikasi JKN tanpa harus pergi ke kantor BPJS.

Kelemahan BPJS Kesehatan

1. Cenderung Kurang Diprioritaskan

Anda pasti sudah tahu bahwa daftar tunggu yang panjang akan terjadi saat Anda mendapatkan perawatan dengan BPJS. Hal ini di sebabkan oleh fakta bahwa jumlah pengguna BPJS Kesehatan jauh lebih besar di bandingkan dengan orang yang pergi ke dokter melalui jalur umum. Akibatnya, Anda harus bersabar untuk mengantre.

2. Hanya Berlaku di Indonesia

Layanan asuransi kesehatan ini hanya dapat memberikan perlindungan kepada Anda selama Anda berada di wilayah Indonesia. Apabila Anda di rawat di rumah sakit di luar negeri, Anda tidak akan di lindungi oleh BPJS Kesehatan.

3. Metode Berjenjang

Klaim BPJS Kesehatan ini agak menantang karena metode berjenjang. Anda harus memeriksakan diri ke Faskes tingkat 1 (klinik, puskesmas, atau dokter umum yang bekerja sama dengan BPJS) jika tidak ada keadaan darurat. Jika Anda menggunakan BPJS, Anda tidak dapat langsung berobat di rumah sakit besar. Oleh karena itu, Anda harus meminta rujukan dahulu dari puskesmas untuk dapat pergi ke rumah sakit.

Penangguhan Peserta BPJS

Untuk mendapatkan perawatan gratis dengan kartu BPJS, ada dua alasan. Ini adalah yang pertama karena kartu telah di batalkan; yang kedua karena kartu BPJS Kesehatan telah di batalkan. Ketika kartu di blokir atau di nonaktifkan, biasanya penyebab utamanya adalah karena peserta belum membayar iuran mereka. Kartu akan di nonaktifkan segera setelah terlambat membayar iuran satu bulan.

Agar kartu dapat di gunakan untuk mendapatkan layanan gratis, seperti membayar tunggakan keluarga terdaftar. Kartu biasanya akan langsung aktif dan dapat di gunakan setelah pembayaran utang. Saat kartu di tangguhkan, mungkin masih dapat digunakan jika statusnya masih aktif. Namun, jika statusnya tidak aktif, kartu tidak dapat di gunakan.

Jika Anda melihat kartu yang di tangguhkan di aplikasi mobile JKN, tanda silang di dalam bulat merah di sebelah kanan nomor BPJS peserta akan muncul.

Di bagian bawahnya, tulisan “PENANGGUHAN PESERTA” dengan teks berwarna merah akan muncul. Alasan tambahan untuk penangguhan BPJS Kesehatan. Karena peserta melakukan peralihan, terutama dari peserta mandiri atau penerima bantuan iuran menjadi peserta BPJS yang ditanggung perusahaan.

Baca Juga :

***