Epic99.com – Cara cek HP support 5G. Jaringan 4G memang sudah mendominasi HP keluaran terbaru masa kini. Selain itu kecepatan internet pada jaringan 4G terbilang cukup cepat sehingga banyak pengguna yang beralih. Gencarnya jaringan 4G yang cukup banyak di gunakan oleh masyarakat, ternyata beriringan dengan jaringan 5G yang saat ini sudah mulai di munculkan keberadaannya.

Jika jaringan 4G saja memiliki kecepatan internet yang terbilang cepat, lalu bagaimana dengan 5G ? Tentunya banyak masyarakat yang ingin segera beralih ke jaringan 5G. Namun yang menjadi permasalahan baru adalah mengenai perangkat yang kamu gunakan apakan sudah mendukung jaringan 5G. Jika penasaran, berikut ini cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek HP yang sudah mendukung jaringan 5G.

Baca Juga Game simulator terbaik yang bisa kamu mainkan


Apa itu jaringan 5G ?

Apa itu jaringan 5G ?

Untuk kamu yang belum tahu, jaringan 5G merupakan jaringan generasi kelima yang di rancang lebih cepat jika di bandingkan dengan generasi sebelumnya. Saat ini sudah banyak smartphone yang memberikan dukungan terhadap jaringan generasi kelima ini di mana pertama kalinya pada tahun 2019. Di karenakan kelebihan yang di miliki, banyak pengguna yang lebih memilih untuk menggunakan jaringan 5G. Hanya saja saat ini tidak semua daerah dan perangkat sudah mendukung jaringan ini. Sehingga kamu bisa menunggu beberapa waktu lagi untuk bisa menikmati jaringan 5G secara bebas.

Baca Juga Aplikasi self hosted terbaik


Cara cek HP support jaringan 5G

Sebenarnya cara untuk mengetahui apakah HP kita sudah tersedia jaringan 5G terbilang cukup mudah. Pada tutorial kali ini ada 2 cara yang bisa kamu praktekkan. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan :

Baca Juga:  Cara Download Snack Video Tanpa Watermark

1. Aplikasi Tester 5G

cara cek hp support 5G Aplikasi Tester 5G

Saat ini sudah banyak aplikasi tester 5G yang bisa kamu gunakan. Di mana kamu bisa mendownload dan install secara gratis di PlayStore. Selain itu cara penggunaan aplikasinya juga cenderung mudah di mana kamu hanya perlu klik tombol Check. Nantinya jika perangkat yang kamu gunakan sudah mendukung jaringan 5G maka akan muncul warna hijau. Namun jika belum mendukung jaringan 5G maka akan muncul warna merah.

Download aplikasi tester 5G

Baca Juga Rekomendasi game android yang diluncurkan oleh Netflix

2. Melalui website

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah perangkat yang kamu gunakan sudah mendukung jaringan 5G adalah dengan menggunakan website. Berikut beberapa tahapannya untuk kamu ketahui :

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka halaman Gsmarena.
  • Selanjutnya cek pada bagian COMMS.
  • Nantinya pada perangkat yang kamu gunakan jika sudah mendukung jaringan 5G akan tersedia beberapa fitur yakni dual band dan wifi 802.11 ac atau wifi 802.11 n.
cara cek hp support 5G Melalui website

Baca Juga 6 Rekomendasi password manager terbaik

3. Menggunakan pengaturan ponsel

Untuk mengetahui jaringan 5G yang tersedia pada perangkat yang kamu gunakan, kamu bisa melihatnya melalui menu setelan. Berikut cara mudah melakukannya :

  • Buka menu setelan atau pengaturan yang ada pada smartphone yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya klik menu hotspot.
  • Kemudian nantinya jika smartphone yang kamu gunakan sudah mendukung jaringan 5G maka akan muncul opsi pita maupun frekuensi. Oleh karena itu perangkat yang kamu gunakan tidak tersedia hal tersebut maka artinya perangkat yang kamu gunakan belum mendukung jaringan 5G.

Baca Juga Aplikasi chatting terbaik 2022

Demikian beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek jaringan 5G. Dengan begitu nantinya kamu bisa beralih ke jaringan yang lebih cepat. Selain itu saat ini sudah banyak HP keluaran terbaru yang mendukung jaringan 5G. Sehingga nantinya kamu tidak perlu memeriksanya kembali mengenai jaringan yang tersedia.***