Epic99.com – Beasiswa kuliah di luar negeri. Bisa berkuliah di luar negeri tentunya menjadi impian bagi banyak orang. Terlebih lagi jika kuliah di luar negeri hasil dari beasiswa. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk bisa berkuliah di sana.

Selain itu ada banyak sekali universitas di luar negeri yang berkualitas dan menyediakan program beasiswa untuk semua negara. Hanya saja tidak mudah untuk kamu bisa mendapatkannya.

Jika kamu berminat untuk berkuliah di luar negeri melalui program beasiswa, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk bisa meraihnya.


1. Cari informasi beasiswa

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, ada banyak program beasiswa yang di selenggarakan oleh lembaga maupun pemerintahan untuk mahasiswa yang berasal dari luar negaranya. Oleh karena itu jika kamu berkeinginan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri, hal pertama yang harus di lakukan adalah dengan mencari informasi terlebih dahulu.

beasiswa kuliah di luar negeri

Mulailah dengan menentukan negara mana yang menjadi tujuan. Selanjutnya gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai beasiswa yang ada di negara tersebut. Jangan lupa juga untuk mencari tahu mengenai persyaratan apa saja yang di perlukan.

2. Mulai belajar bahasa asing

Akan sangat sulit untuk kamu mendapatkan beasiswa luar negeri jika kamu tidak memiliki keahlian bahasa asing. Cobalah untuk belajar bahasa asing terutama Inggris yang menjadi bahasa internasional. Selain itu kamu juga bisa mengikuti beberapa tes bahasa asing untuk mendapatkan sertifikat yang bisa di jadikan dokumen pendukung.

Namun akan lebih baik jika kamu belajar bahasa asing yang sesuai dengan negara tujuan.

3. Siapkan motivation letter

Untuk kamu yang belum tahu, motivation letter adalah sebuah essay yang berisikan motivasi kamu untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri. Di dalamnya kamu bisa menunjukkan bagaimana layaknya kamu untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

beasiswa kuliah di luar negeri

Selain itu kamu bisa menuliskan beberapa hal menarik yang ada dalam diri. Usahakan untuk membuatnya dalam bahasa Inggris dan dengan grammar yang baik.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Alat 'Books Ngram Viewer' di Google Buku

Motivation letter biasanya di jadikan sebagai salah satu syarat untuk melamar beasiswa.

4. Dapatkan rekomendasi

Surat rekomendasi terbilang memiliki peranan yang cukup penting. Bagaimana tidak, dengan surat tersebut maka kamu akan di percaya dan di yakini layak untuk mendapatkan beasiswa. Hanya saja tidak semua surat rekomendasi memiliki nilai yang sama.

Jika bingung untuk mendapatkan surat rekomendasi dari mana, kamu bisa memulai untuk memintanya dari sekolah, guru, kepala sekolah, atau bahkan hingga dinas pendidikan.

5. Usahakan memilih negara dengan sedikit peminat

Ada beberapa negara di dunia yang memang memiliki sedikit peminat. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan beasiswa di negara tersebut. Hal ini di karenakan program beasiswa membatasi semua peserta yang mendaftar.

beasiswa kuliah di luar negeri

Kamu bisa sesuaikan kemampuan dengan kampus impian. Sebaiknya untuk tidak memilih kampus yang terkenal jika prestasi yang kamu dapatkan belum maksimal.

6. Siapkan dokumen dan portfolio

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mudah mendapatkan beasiswa luar negeri adalah dengan membuat portfolio dan juga dokumen yang lengkap.

Portfolio yang bagus tentu akan berpengaruh juga pada hasil yang baik. Oleh karena itu penting untuk kamu membuat portfolio semenarik mungkin. Selain itu portfolio juga sebaiknya berisikan tentang data diri yang memang nyata dan tidak dibuat-buat.

Setelah membuat portfolio semenarik mungkin, siapkan semua dokumen yang di perlukan sebagai salah satu syarat mengajukan portfolio. Adapun beberapa dokumen yang umum di perlukan antara lain adalah fotocopy KTP, foto berwarna 3×4, Ijasah dan transkrip nilai, CV, Paspor (jika ada), Motivation Letter, Surat rekomendasi, hasil tes bahasa asing (jika di perlukan).


Setelah semua cara sudah dilakukan, point penting yang tidak boleh di lupakan adalah dengen berserah diri pada hasil yang didapatkan. Jika kamu mengalami kegagalan untuk mendapatkan beasiswa, kamu akan bisa mengulangnya kembali tahun depan. Semoga berhasil !

Baca Juga:  7 Rekomendasi Game Asah Otak Yang Seru Dan Bikin Ketagihan

Baca Juga :

***