Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Ponsel yang Edge Terus

Cara Mengatasi Jaringan Edge Terus – Jika area Anda memiliki jaringan 3G, H+, atau bahkan 4G, tetapi tanda “hanya Edge” (ikon E) di menu bar notifikasi menunjukkan koneksi internet, ada masalah dengan pengaturan jaringan smartphone Anda. Mengatasi masalah jaringan pada smartphone Android dengan EDGE atau mengubah sinyal EDGE menjadi HSDPA+, 3G, atau bahkan 4G dapat dilakukan pada smartphone Android seperti Samsung Galaxy, Oppo, Xiaomi, Huawei, Realme, Vivo, Sony, Asus Zenfone, dan lainnya.

Apa itu Jaringan Edge?

Kecepatan data Signal Edge (Enhanced Data Rates for GSM Evolution) adalah komponen dari telekomunikasi seluler ke-2, dengan kecepatan 384 kbps dan teoretis dapat mencapai 473,6 kbps. EDGE adalah yang terbaik di pasar saat ini untuk ukuran smartphone modern. Untuk menyelesaikan masalah ini pada hp Android yang hanya menangkap signal Edge, biasanya cukup merestart atau reboot perangkat ponsel. Namun, pada beberapa smartphone, metode ini tidak bekerja. Jika Anda masih menghadapi masalah jaringan pada ponsel Anda, berikut beberapa cara untuk menyelesaikan masalah signal Edge Android.

Penyebab Jaringan Edge Terus

1. Pengaturan yang Salah

Jika Anda melakukan pengaturan di menu untuk hanya 2G atau E (edge), maka jaringan selalu Edge, meskipun ponsel Anda sudah 4G dan lokasi juga mendukung jaringan tersebut.

2. Pemadaman Listrik

Adanya pemadaman listrik adalah penyebab jaringan menjadi E berikutnya. Ini dapat menyebabkan ponsel Anda hanya menerima sinyal edge, sehingga koneksi internet Anda menjadi lemot. Saat pemadaman listrik terjadi, jaringan internet juga terputus karena jaringan yang tersedia hanya edge.

3. Pemasangan Kartu SIM Salah

Jaringan menjadi E biasanya disebabkan oleh pemasangan kartu yang salah. HP biasanya memiliki dua slot kartu SIM, satu untuk 2G dan satu lagi untuk 4G. Dengan slot 2G, sinyal internet hanya E.

4. Bug Sistem HP

Bug adalah komponen sistem operasi HP yang bertanggung jawab atas penangkapan sinyal. Masalah dengan bug dapat menyebabkan jaringan menjadi E (Edge), sehingga jaringan internet Anda menjadi lambat dan tetap berhenti di sinyal E.

Cara Mengatasi Jaringan Edge Terus

1. Fitur Flight Mode atau Airplane Mode

Dengan mengaktifkan mode pesawat, perangkat tersebut tidak dapat melakukan panggilan masuk dan keluar, mengirim dan menerima pesan, atau bahkan mengaktifkan jaringan internet.

2. Ubah Pengaturan Jaringan

Mengubah jaringan prioritas smartphone Android Anda akan menyelesaikan masalah sinyal Android terus-menerus. Untuk melakukannya, pergi ke menu Pengaturan (Settings) dan pilih Jaringan Seluler. Pilih kartu SIM yang akan digunakan untuk internet, lalu pilih Jaringan Prioritas. Selanjutnya, ubah ke LTE/3G/2G untuk sambungan otomatis.

Selain itu, jika ponsel Android dan kartu SIM Anda sudah mendukung jaringan 4G, maka Anda hanya perlu mengunci jaringan 4G di hp Android Anda dengan memilih “Hanya LTE”. Jika ponsel atau kartu SIM Anda belum mendukung jaringan 4G, pilih “Hanya 3G”. Jika Anda mengalami masalah menangkap jaringan 4G dan ponsel Android Anda terus menampilkan data seluler Edge, maka Anda harus melakukan penguncian jaringan dengan langkah-langkah selanjutnya.

3. Lock Jaringan

Tidak semua smartphone Android akan memiliki menu Jaringan Prioritas yang menampilkan opsi tipe jaringan LTE/CDMA auto. Anda membutuhkan kode rahasia tertentu untuk membuka menu ini. Setiap ponsel memiliki kode rahasia unik yang dapat digunakan untuk mengakses pengaturan jaringan seluler versi Developer. Kode rahasia *#*#4636#*#* atau *#*#6130#*#* biasanya digunakan.

Baca Juga :

***